Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum
Grid.ID – Di masa pandemi ini, banyak pelaku usaha yang beralih untuk beroperasi secara online.
Kehadiran online shop di masa pandemi ini memang sangat membantu karena memudahkan proses jual beli.
Meski demikian, akhir-akhir ini marak kasus penipuan online shop abal-abal yang memakan banyak korban.
Nah, jika kamu salah satu korbannya, berikut 3 cara melaporkan penipuan online shop yang dikutip dari Kompas.com.
Melapor ke polisi
Masyarakat bisa melapor ke pihak kepolisian terkait penipuan online shop dengan cara berikut ini.
Pertama, datangi kantor kepolisian terdekat dari kejadian tindak pidana, lalu datangi bagian SPKT.
SPKT adalah Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu selaku pelaksana tugas pokok di bidang pelayanan kepolisian.
Adapun beberapa berkas yang diperlukan adalah bukti percakapan pembeli dengan penjual dan bukti transaksi atau transfer.
Lapora ke laman Lapor.go.id
Pemerintah Indonesia telah menyediakan situs untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat melalui laman Lapor.go.id.
Untuk melaporkan penipuan online shop, kamu perlu membuat laporan dengan jelas dan lengkap.
Dalam tiga hari, laporan yang kamu buat akan diverifikasi dan diteruskan ke instansi yang berwenang.
Selanjutnya dalam 5 hari, instansi tersebut akan menindaklanjuti dan membalas laporan yang kamu kirimkan.
Baca Juga: Rawan Terjadi Penipuan, Daniel Mananta Berikan Tips Belanja Online yang Aman di Instagram
Sebaiknya kamu langsung menanggapi balasan tersebut secepatnya dan dalam waktu kurang dari 10 hari.
Nantinya, laporan akan terus ditindaklanjuti hingga akhirnya terselesaikan dengan baik.
Jika penipuan terjadi di Instagram
Kamu bisa melaporkan online shop yang terbukti melakukan penipuan di Instagram supaya akun online shop bisa di-takedown oleh Instagram.
Caranya adalah dengan membuka profil Instagram online shop yang melakukan penipuan lalu klik menu Lainnya (:) yang ada di pojok kanan atas.
Pilih opsi Laporkan lalu Laporkan Akun dan pilih konten postingan yang tidak seharusnya ada di Instagram.
Setelahnya, pilih alasan pelaporan yang sesuai yaitu Penipuan atau Penggelapan dan selanjutnya Instagram akan memproses laporan tersebut.
Nah, untuk terhindar dari penipuan online shop, simak beberapa tips yang dikutip dari Tribunnews.com berikut.
- Waspada barang yang sangat murah
- Selalu simpan bukti transaksi
- Periksa testimoni pembeli
- Pilih pembayaran yang aman
- Meminta nomor resi pengiriman
- Belanja online di marketplace atau e-commerce yang sudah terpercaya (*)