Find Us On Social Media :

Agar UMKM Terus Bertumbuh, Ini yang Harus Dipersiapkan Jelang 2022

By Hana Futari, Kamis, 25 November 2021 | 14:58 WIB

Ridwan Kamil selaku gubernur Jawa Barat baru saja meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Kota Bandung, Kamis (5/8/2021).

Laporan Wartawan Grid.ID, Hana FutariGrid.ID - Memasuki penghujung 2021 dan menyambut 2022, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus melakukan gebrakan baru.Sejumlah inovasi pun harus dipersiapkan para pelaku UMKM agar bisnis mereka tetap bertumbuh seiring pergantian tahun.Arto Biantoro, penggiat usaha brand lokal membagikan tips apa saja yang harus dipersiapkan para pelaku UMKM demi kemajuan bisnis mereka di 2022.Menurut Arto Biantoro, minat kewirausahaan di masyarakat bertumbuh pesat di setiap tahunnya.Bahkan kini tak jarang kalangan muda-mudi yang memilih kewirausahaan sebagai gerbang karier mereka.Di sisi lain, fenomena ini juga memberikan tantangan bagi para penggiat UMKM."Kewirausahaan enggak cuma kasih profit tapi juga bangkit ekonomi lokal, lapangan pekerjaan. Risikonya, banyak pilihan, banyak brand lain yang tumbuh sehingga menimbulkan persaingan," terang Arto.Jika berkaca pada satu dekade lalu, fenomena ini begitu berbeda.Hal tersebut lantaran kini para penggiat UMKM dimudahkan dengan adanya platform digital yang membuka peluang bekerja sama dengan bisnis mereka.

Baca Juga: Penggiat Brand Lokal Bagikan Strategi Agar UMKM Tetap Bertahan di Situasi Pandemi Covid-19

"Sebelum 2010, kemungkinan sukses UMKM rendah karena enggak tahu siapa marketnya karena belum ada digitalisasi," ujar Arto Biantoro dalam sesi konferensi pers virtual ShopeePay Birthday Deals, Kamis (25/11/2021)."Padahal lewat digitalisasi kita punya data, behavior secara real dari model yang kita lakukan," lanjutnya."Sekarang brand lokal sudah mengerti digitalisasi, sehingga persaingan semakin tinggi," katanya.Namun hal tersebut bisa disiasati dengan pemahaman akan masalah yang terjadi di sekitar.Dari hal tersebut, pelaku UMKM pun memikirkan produk yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terjadi di sekitar."Kuncinya kita pahami masalah yang ada di sekitar kita. Proses ini yang harus dipahami UMKM, lewat brand mereka bisa menyelesaikan masalah," terangnya.Selain itu yang juga harus dipersiapkan para penggiat UMKM yaitu terus berinovasi terhadap produk mereka."Pelaku UMKM sudah seharusnya mau berinovasi, belajar sebagai pegiat usaha. Itu yang menjadi cara untuk bisa bertahan di era ini," tutup Arto Biantoro.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Hampir Berjalan 2 Tahun, Begini Nasib UMKM di Indonesia Saat Ini

(*)