Grid.ID - Okay, ABS itu kepanjangan dari Anti Lock Braking System dan ini merupakan fitur keselamatan berkendara.
Fitur ABS di motor, penempatannya di sistem pengereman ban depan.
Dengan menggunakan ABS di rem depan, maka motor tidak akan mengalami nge-lock atau terkunci saat tiba-tiba melakukan pengereman.
Dalam sistem pengereman yang non ABS, saat ngerem mendadak ban depan akan terkunci.
Dan itu bisa mengakibatkan pengemudi tergelincir.
Motor matic yang menggunakan ABS, pastinya punya harga yang lebih mahal dari non ABS.
Misalnya pada motor matic Yamah NMAX, Rp34.800.000 (Connected/ABS Version) dan Rp31.950.000 (Connected Version).
Itu harga motor matic Yamaha NMAX baru, beda cerita kalau yang bekas.
Harga motor matic Yamaha NMAX bekas yang ABS dan non ABS, bisa cuman beda Rp 500.000 saja.
Seperti dilansir dari Pricelist Gridoto.com, harga Yamaha NMAX tahun 2017 bekas tipe Non ABS Rp17.000.000.
Baca Juga: Fakta Motor Matic Honda Scoopy, Disebut Jadi Pesaing Yamaha Fazzio
Nah kalau yang menggunakan ABS, Yamaha NMAX 2017 dibanderol Rp17.500.000(*)
CARA KERJA ABS
Dalam bahasa teknis, cara kerja ABS adalah ketika sensor ABS tersebut mendeteksi ada roda yang mengunci, secara otomatis sensor tersebut akan mengirimkan sinyal ke modulator.Modulator itu kemudian memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan rem dari kaliper dalam kondisi tertentu.Sebaliknya, tekanan akan kembali naik dan normal ketika penguncian berkurang.Proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan tekanan fluida ini, berlangsung sangat cepat, yaitu sekitar 15-50 kali per detik.Sehingga roda tidak akan terkunci saat terjadi pengereman mendadak.Dengan miliki motor matik yang sudah ada ABS-nya, saat melakukan rem mendadak akan terasa tuh handle rem maju mundur atau getar secara otomatis dengan frekuensi yang sering dan cepat(*)