Find Us On Social Media :

Gus Miftah Turun Tangan Tanggapi Ceramah Viral Oki Setiana Dewi yang Dianggap Menormalisasi KDRT: Suami Kadang Terlalu Jauh Melegitimasi Diri Sebagai Pemimpin!

By Citra Widani, Sabtu, 5 Februari 2022 | 08:57 WIB

Gus Miftah tanggapi ceramah viral Oki Setiana Dewi yang dianggap menormalisasi KDRT.

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Ceramah Oki Setiana Dewi 2019 silam kembali viral di jagat medsos karena dianggap menormalisasi tindak KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

Dalam ceramah tersebut, Oki Setiana Dewi mulanya membahas tentang tema aib pasangan yang tidak boleh disebarkan ke publik.

Oki Setiana Dewi lantas memberi perumpamaan dari kisah nyata salah seorang istri asal Jeddah yang berselisih dengan suaminya hingga mendapatkan pukulan.

Alih-alih menceritakan kejadian tersebut kepada orang tua yang saat itu memergokinya menangis, wanita ini justru berbohong agar aib suaminya tak tercium.

Melihat perumpamaan yang diberikan kakak Ria Ricis itu, banyak warganet yang merasa geram.

Pemuka agama Gus Miftah pun ikut menanggapi video viral Oki lewat Instagram pribadinya @gusmiftah, yang diunggah pada Jumat (4/2/2022).

Gus Miftah menyebut bahwa seorang suami tidak boleh menyakiti istrinya secara verbal apalagi non verbal.

Ia memberikan contoh dari beberapa hadits shahih yang menyebut bahwa memukul istri yang ditujukan untuk mengingatkan atau mengedukasi seharusnya tidak boleh menggunakan tangan karena dianggap terlalu keras.

Baca Juga: Ramai Jadi Perbincangan Usai Ceramah Oki Setiana Dewi Viral, Ternyata Inilah 4 Jenis Tindakan yang Tergolong KDRT

Jika ingin memberi peringatan, maka dianjurkan untuk mengingatkan secara lisan atau jika masih belum berubah maka diingatkan dengan memukulnya perlahan menggunakan siwak (ranting kecil yang digunakan untuk membersihkan gigi di jaman Nabi).

"Pukulan seorang suami kepada istri adalah pukulan yang tidak menyakiti digambarkan di situ dengan apa pukulan yang tidak menyakiti itu."