Find Us On Social Media :

Bisa Cegah Infeksi Saluran Napas Atas Hingga Covid-19, Yuk Mulai Terapkan Gargle dari Sekarang Sebagai Pola Hidup Bersih dan Sehat

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 15 Maret 2022 | 19:07 WIB

Peluncuran kampanye 'Waktu Indonesia Gargle' yang diluncurkan pada Selasa (15/3/2022) sebagai kerja sama antara Kemenkes RI, Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala dan Leher (Perhati-KL) Indonesia dan PT Mundipharma Healthcare Indonesia.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Di era new normal ini, menjaga kesehatan diri sendiri sangat penting untuk memutus penularan Covid-19.

Untuk menjaga kesehatan, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Namun, selain mencuci tangan dan memakai masker, penting juga untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan atas dengan gargle.

Karena itu, Kementerian Kesehatan RI, Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL) bersama mitra strategis PT Mundipharma Healthcare Indonesia (Mundipharma) meluncurkan kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan gargle sebagai upaya menjaga kebersihan rongga mulut.

‘Waktu Indonesia Gargle’ resmi diluncurkan secara virtual pada Selasa (15/3/2022) dalam rangka menyambut World Health Oral Day yang diperingati pada 20 Maret 2022.

“Kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ yang merupakan kolaborasi pemerintah, organisasi profesi, dan pihak swasta, penting untuk dilakukan sesuai ketentuan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran pernafasan bagian atas dan menjadikan ber-gargle atau berkumur sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tutur Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan RI, Dr. drh. Didik Budijanto, M.Kes.

Ketua Kelompok Studi Laring Faring Perhati-KL, dr. Arie Cahyono, Sp.T.H.T.K.L.(K) menyebutkan bahwa gargle adalah mencuci tenggorok dengan mengeluarkan udara napas, tapi tidak ditelan dan posisi kepala tengadah ke atas.

Baca Juga: Jangan Abaikan Kebersihan Mulut, Hati-hati Kena Gingivitis, Apa sih Itu?

“Gargle atau berkumur di pangkal tenggorok merupakan cara untuk membersihkan kuman yang sudah masuk dari saluran pernafasan atas dan bersarang di tenggorok,” kata dr. Arie dalam acara Press Launch Waktu Indonesia Gargle yang dihadiri Grid.ID pada Selasa (15/3/2022).

Menurut dr. Arie, gargle bermanfaat untuk menurunkan risiko infeksi saluran napas atas, menghilangkan halitosis dan sisa makanan, serta mengurangi nyeri dan memberikan rasa nyaman pada kasus infeksi tenggorokan.