Find Us On Social Media :

Bikin Geger Se-Indonesia! Tolong Kulit Buah Naga Jangan Dibuang Lagi Mulai Sekarang, Ahli Bongkar Manfaatnya yang Luar Biasa

By Devi Agustiana, Jumat, 18 Maret 2022 | 11:38 WIB

Bukan hanya dagingnya, tapi kulit buah naga juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi AgustianaGrid.ID – Buah naga merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi sehari-hari.Buah ini memiliki nama “naga” karena memiliki kulit seperti sisik naga.Buah naga cocok ditanam di tempat yang agak kering karena termasuk dalam jenis tanaman kaktus yang tidak membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya.Oleh karena itu, buah naga juga banyak ditanam di Indonesia.Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat buah naga sangat luar biasaHal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan gizi yang tinggi.Para dokter juga sering merekomendasikan buah naga untuk proses penyembuhan, terutama saat pasca operasi agar luka cepat kering.Ternyata bukan hanya buah naga saja yang bisa dimanfaatkan dan mengandung banyak nutrisi di dalamnya, tapi juga di bagian kulitnya.

Baca Juga: Bisa Bikin Umur Pendek, Orang-orang dengan Kondisi Ini Jangan Nekat Makan Buah Naga, Dalam Hitungan Menit Bisa Jadi Petaka

Kulit buah naga mengandung zat pewarna alami yang disebut betacyanin dan memiliki mineral tinggi.Pewarna alami ini dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami yang lebih sehat daripada menggunakan pewarna sintetis yang tidak baik untuk tubuh.Untuk lebih jelasnya, berikut Grid.ID telah melansirnya dari drhealthbenefit.com pada Jumat (18/3/2022), berbagai manfaat kulit buah naga:1. Kesehatan peredaran darahKulit buah naga dipercaya mengandung taraxast, pentacyclic, dan triyepene yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa di dalam kulit buah naga mengandung senyawa yang mampu melenturkan pembuluh darah.Dengan adanya senyawa tersebut maka berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kekakuan pembuluh darah dapat teratasi.2. Mengobati tumorDi dalam kulit buah naga mengandung senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal yang bisa menjadi tumor.

Baca Juga: Tolong Mulai Sekarang Kudu Hati-hati! Konsumsi Buah Naga Ternyata Bisa Bikin Tubuh Alami Hal Buruk, Apalagi Saat Menstruasi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kulit buah naga ini, kita bisa menjadikannya sebagai minuman herbal.3. Mendeteksi adanya boraks dan formalinSiapkan kulit buah naga yang sudah dipotong-potong lalu rendam di air tawar yang sudah diberi perasan jeruk nipis.Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga air berubah warna menjadi merah.Siapkan tisu dan celupkan ke dalam air rendaman kulit buah naga.Tempelkan tisu merah pada makanan yang akan diuji, jika tisu tidak berubah warna dan tetap merah maka makanan tersebut mengandung boraks atau formalin.Akan tetapi, jika warna tisu berubah memudar dan menjadi putih maka makanan tersebut aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung boraks dan formalin.4. Mencegah kankerJika sedang dalam masa pengobatan kanker, ada baiknya anda mengonsumsi obat herbal dari kulit buah naga bersama dengan obat-obatan farmasi lainnya.

Baca Juga: Waduh! Orang dengan 6 Kondisi Ini Jangan Coba-coba Deh Makan Buah Naga, Bisa Bawa Petaka Buat Kesehatan

Menggunakan kulit buah naga merupakan salah satu cara alami dalam pengobatan.5. Merawat kulitKulit buah naga mengandung antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit.Antioksidan mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit menjadi kusam, kering, dan perih.Bagi yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan maka mengonsumsi teh dari kulit buah naga sangat cocok untuk melindungi kulit dari segala masalah dan sinar matahari yang berbahaya.Kita juga bisa menjadikan kulit buah naga ini sebagai masker wajah alami yang baik untuk kulit.6. Melembabkan kulitKulit kering biasanya dialami oleh mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung.Oleh karena itu, bisa menggunakan cara herbal kulit buah naga untuk mencegah kulit kering dan menjaga kelembabannya agar kulit menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Pencernaan Lancar, Buah Naga juga Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

7. Mencegah dan menghilangkan jerawatManfaat lain dari kulit buah naga adalah mencegah jerawat secara alami.Selain kandungan vitamin E yang tinggi, kulit buah naga juga mengandung vitamin C yang dapat mengontrol produksi minyak.Tak hanya itu, kulit buah naga juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas sehingga kulit tetap bersih dan sehat.8. Membantu regenerasi kulitSel kulit mati yang tidak dapat terkelupas dan banyak mengendap akan membuat kulit tampak kusam dan kering.Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan kulit buah naga untuk membantu regenerasi kulit.9. Mencegah penuaan diniTingginya kandungan antioksidan yang ada pada kulit buah naga yang digunakan sebagai masker dapat membantu kulit awet muda.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan, Termasuk TIngkatkan Zat Besi Bagi Penderita Anemia

Lantas, bagaimana memanfaatkan khasiat dari kulit buah naga?Untuk menjadikannya sebagai obat herbal beberapa penyakit, maka bisa mengolahnya menjadi teh kulit buah naga.Cara membuatnya cukup mudah, hanya perlu menyiapkan kulit buah naga yang sudah dipotong kecil-kecil untuk membentuk dadu.Setelah itu, jemur kulit buah naga di bawah sinar matahari langsung hingga kulit buah naga kering.Kalau sudah kering, bisa langsung menyeduh kulit buah naga yang sudah jadi seperti teh seduh biasa.Kulit buah naga juga bisa dibuat masker untuk beberapa perawatan kulit.(*)