Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Roda Dua Saja, Vespa Rupanya Pernah Produksi Mobil Seharga Mitsubishi Pajero Sport!

By Seto Ajinugroho, Kamis, 3 Mei 2018 | 21:22 WIB

Vespa 400

Grid.ID - Tentunya masyarakat Indonesia sudah mahfum dengan apa yang namanya Vespa.

Ya, sepeda motor yang pertama kali keluar pada tahun 1946 asal Pabrikan Italia, Piaggio ini memang sangat kesohor.

Hampir semua negara di dunia pasti ada sepeda motor jenis Vespa.

Selain bentuknya yang unik dan kece abis, Vespa juga melambangkan semangat para penungganya yang ingin tampil beda.

Natuna, Benteng Terdepan Indonesia Bagian Utara Untuk Hadapi Juluran Lidah Naga Tiongkok Atas Klaim Laut China Selatan

Namun apakah kalian tahu ternyata Vespa yang identik dengan roda dua ternyata pernah memproduksi mobil beroda empat.

Namanya adalah Vespa 400.

Lahirnya Vespa 400 berawal pada tahun 1957 di Monaco.

Piaggio sebagai pabrikan pembuat Vespa saat itu sedang dalam puncak kesuksesan.

Lantas Piaggio mempunyai ide dan menggandeng perusahaan otomotif asal Prancis, ACMA (Ateliers de construction de motocycles et d'automobiles).

Ini Dia Asal Usul Ditemukannya Kata Umpatan Janc*k ala Jawa Timuran

Ide itu adalah membuat sebuah mobil roda empat akan tetapi hak paten pembuatan tetap jadi milik Piaggio.

Maka setelah pengerjaan jadilah sebuah mobil roda empat mungil dan memang bergayakan ala Vespa roda dua yang kemudian diberi nama Vespa 400.

Dalam seri pembuatannya Vespa 400 memiliki dua varian, yakni Lusso dan Turismo.

Untuk urusan mesin, mobil dua pintu ini membenamkan mesin dua silinder dua stroke dengan pendingin udara.

Mesin itu mampu membuat Vespa 400 melaju dengan kecepatan tertinggi 83,4 kilometer per jam.

Harga 4 Hewan Asli Indonesia Ini Bisa Bikin Dompet Jebol Jika Membelinya, Bahkan Ada yang Seharga Sebuah Mobil!

Transmisi giginya pun hanya ada tiga percepatan.

Dengan kapasitas mesin dan kecepatan seperti itu maka berimbas pada iritnya bahan bakar yang dikonsumsi Vespa 400.

Bayangkan saja, Vespa 400 hanya membutuhkan 5 liter bensin untuk menempuh jarak 100 kilometer.

Beda dengan persaingan motor roda dua, sengitnya pasar industri mobil saat itu membuat umur Vespa 400 tak bertahan lama.

Piaggio kemudian menghentikan produksi Vespa 400 dalam jangka 4 tahun setelah pembuatan pertamanya pada tahun 1957.

Namun selama 4 tahun penjualan Vespa 400 tergolong tinggi, yakni mencapai 30 ribu unit.

Sekarang Vespa 400 menjadi barang langka dan harganya pun tak main-main.

Bayangkan saja harga gress Mitsubishi Pajero seri Dakar 4x2 AT 'hanya' berkisar 510 juta rupiah per unitnya.

Sedangkan Vespa 400 sekarang dihargai 550 juta rupiah per unitnya.(Seto Aji/Grid)