Find Us On Social Media :

Bertajuk ‘Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung’, ShopeePay Talk Bongkar Tiga Strategi Maksimalkan Usaha di Bulan Ramadan

By Devi Agustiana, Selasa, 19 April 2022 | 16:36 WIB

Kembali adakan diskusi interaktif, kali ini ShopeePay Talk mengusung tema 'Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung’.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID ShopeePay Talk kembali mengadakan diskusi interaktif untuk membahas berbagai topik ringan, trendy, dan insightful.

Di momen spesial menyambut bulan Ramadan kali ini, ShopeePay Talk mengusung tema ‘Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung’.

Diikuti Grid.ID secara virtual pada Selasa ( 19/4/2022), acara dihadiri oleh Eka Nilam Dari (Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay), Vico Lomar (CEO & Co-Founder Fore Coffee), dan Renny Rantika (CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express).

Turut hadir pula dalam diskusi Septian Bramandita, seorang Entrepreneur & Digital Marketing Strategist.

Eka Nilam Dari menyebut bahwa momen spesial seperti bulan Ramadan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi pelaku bisnis dan konsumen itu sendiri.

“Sederet momen spesial yang ada di sepanjang tahun kerap diantisipasi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal ini tentunya merupakan peluang yang dapat dimaksimalkan oleh bisnis untuk semakin mempererat hubungan dengan konsumen,” kata Eka Nilam.

“Memahami hal ini, ShopeePay berusaha mengakomodasi mitra merchant dalam memaksimalkan momentum tersebut melalui rangkaian program dan kampanye khusus, salah satunya kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals,” lanjutnya.

Baca Juga: Bertajuk Hobi yang Menguntungkan, Shopee Gelar Diskusi Virtual Bersama Para Pengusaha!

Berikut tips dari para pelaku bisnis dalam memaksimalkan momen spesial di Bulan Ramadan:

1. Baca peluang

Memanfaatkan momen spesial sepanjang tahun memang menjadi kunci utama yang umum dilakukan.

Meski demikian, bisnis perlu menyadari bahwa pola pikir fleksibel dan terbuka juga perlu diterapkan, terlebih di tengah perkembangan tren konsumen yang dinamis.

“Meski menu andalan kami adalah ayam geprek, namun kami selalu berusaha untuk berinovasi agar tetap relevan di mata masyarakat. Untuk itu, walau telah membuat perencanaan sejak awal tahun, Ayam Keprabon Express selalu berusaha untuk jeli melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan,” kata Renny Rantika.

Renny selalu berusaha fleksibel memahami bahwa setiap kota memiliki karakteristik dan tren konsumen berbeda.

Tidak hanya melalui media sosial, usaha Renny pun dengan pendekatan lain seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial di bulan Ramadan.

2. Konsisten

Di tengah maraknya promosi yang dilakukan saat perayaan momen spesial, penting bagi bisnis untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Industri Fashion di Indonesia, Shopee Hadirkan Kampanye 3.3 Fashion Sale

Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tetap stand out adalah dengan mengombinasikan karakteristik yang diusung bisnis.

“Dalam merencanakan kampanye momen spesial, Fore Coffee senantiasa berpegang teguh pada value yang kami miliki, sehingga karakter kami sebagai brand pun akan tercermin dalam kampanye yang terlaksana,” kata Vico Lomar.

“Pendekatan tersebut juga kami tuangkan dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini melalui peluncuran menu minuman spesial Ramadan dan rangkaian koleksi hampers.”

3. Maksimalkan kolaborasi

Kolaborasi dapat menjadi salah satu solusi bagi bisnis yang ingin memperluas visibilitas di tengah perayaan momen spesial, terutama bagi pelaku UMKM yang memiliki sumber daya terbatas.

Melalui kerja sama dengan pihak lain yang kredibel, pebisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan upaya yang lebih sederhana.

“Di tengah industri yang semakin terbuka saat ini, pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand seperti ShopeePay yang kerap menyelenggarakan kampanye di momen-momen spesial,” tutup Septian Bramandita.

(*)