Find Us On Social Media :

Biar Gak Gila Mendadak Saat Dikejar Deadline, Berikut 5 Cara Mudah Mencegah Stres Kerja, Salah Satunya Hindari Bergosip di Kantor

By Nur Andriana, Jumat, 20 Mei 2022 | 15:32 WIB

Ilustrasi stres saat bekerja.

Laporan Wartawan Grid.ID, Nur Andriana Sari

Grid.ID - Beberapa orang sudah menerapkan cara mencegah stres kerja untuk mendapatkan work-life-balance yang mereka impikan sejak lama.

Nah, sekarang adalah giliranmu untuk mencoba cara mencegah stres kerja tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, cara mencegah stres kerja ini akan sangat membantumu saat ada pekerjaan menumpuk dan dikejar deadline.

Bayangkan saja tiap hari ada rapat dadakan, pesan email yang menunggu untuk dibalas, dan telepon yang terus berdering.

Tentu kamu bisa merasa sangat stres jika hal itu terjadi terus-menerus.

Untuk itu, kamu bisa simak 5 cara mencegah stres kerja untuk mendapatkan work-life-balance, dikutip dari Healthline pada Jumat (20/05/2022).

1. Tulis Penyebab yang Membuat Kamu Stres

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menulis apa saja yang menjadi penyebab kamu merasa stres saat bekerja.

Hal ini perlu dilakukan karena terkadang kamu tidak menyadari penyebab stres tersebut akibat terlalu fokus dengan perasaan tegang dan gelisah.

Baca Juga: Selalu Merasa Lelah Secara Mental dan Emosional? Yuk, Kenali Tanda dan Gejala Stres yang Tanpa Disadari Sudah Kamu Alami Sejak Lama

Kamu bisa membuat jurnal selama satu minggu untuk mengetahui pemicu stres dan reaksimu saat menghadapinya.

2. Luangkan Waktu untuk Re-Charge Tenaga

Bagi seorang introvert, bertemu dengan banyak orang di kantor dalam waktu lama bisa menjadi pemicu stres.

Agar hal ini tidak terjadi secara terus-menerus, kamu perlu meluangkan waktu sejenak untuk re-charge tenaga yang sudah habis terkuras karena harus berinteraksi dengan banyak orang.

Mendengarkan podcast atau menonton video lucu saat jam istirahat bisa menjadi kegiatan yang kamu lakukan.

3. Mengatur Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik dapat membantumu terhindar dari stres saat di kantor atau dalam menghadapi pekerjaan yang menumpuk.

Hal ini karena kamu tahu mana tugas yang menjadi prioritas dan harus segera dikerjakan dan mana yang bisa dikerjakan setelahnya.

Tidak hanya itu, dengan mengatur manajemen waktu, kamu juga bisa memiliki waktu jeda yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

4. Seimbangkan Urusan Pekerjaan dengan Kehidupan Pribadi

Bekerja sepanjang hari tentu akan membuat kamu merasa stres dan tidak ada waktu istirahat.

Makanya, kamu harus bisa menyeimbangkan urusan pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Baca Juga: Padahal Sepele Tapi Kerap Diabaikan, Psikiater Ungkap Bagaimana Kecemasan dan Stres Meningkat di Kehidupan Anak Muda Saat Ini!

Sisihkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di kehidupan pribadimu dan tentukan kapan waktunya untuk memeriksa email dan menerima panggilan telepon untuk urusan pekerjaan.

5. Hindari Urusan Gosip di Kantor

Konflik di tempat kerja tentu akan berdampak pada kondisi emosionalmu.

Jadi, cobalah untuk menghindar dari urusan gosip yang terjadi di kantor.

Apabila kamu mengetahui salah satu kolega yang sering bergosip, sebaiknya cari cara untuk menghabiskan lebih sedikit waktu dengan mereka.

(*)