Find Us On Social Media :

Online Seller Wajib Tahu, Ini 4 Jenis Konten Blog yang Bisa Dorong Penjualan

By Grid, Rabu, 22 Juni 2022 | 17:03 WIB

4 Jenis Konten Blog yang Bisa Dorong Penjualan

Grid.ID - Di zaman yang serba digital, pemilik bisnis harus memahami konten kreatif seperti apa yang bisa menarik minat audiens untuk mendorong penjualan bisnis mereka.

Di antara banyaknya platform, blog menjadi salah satu favorit para pebisnis pemula yang ingin mempublikasikan usahanya.

Hal ini lantaran ruang yang luas untuk menampilkan berbagai bentuk informasi, mulai dari tulisan, foto, ilustrasi, dan video.

Ada banyak sekali jenis konten kreatif yang bisa dijadikan konten blog untuk memperluas pasar potensial.

Bagi para pemilik bisnis yang ingin mulai mengembangkan laman blog, Anda bisa mencoba 4 jenis konten menarik untuk ditampilkan berikut ini:

1. Ulasan tentang Produk atau Jasa

Sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa, kebanyakan calon pelanggan akan mencari ulasan di berbagai platform online, termasuk blog.

Menciptakan konten kreatif dengan jenis ulasan ini tidak membutuhkan skill tertentu.

Online seller cukup mendeskripsikan produk atau jasanya secara detail dan menarik dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Baca Juga: Anti Ribet-ribet Club, Inilah 5 Aplikasi Desain Logo Gratis untuk Dorong Bisnis UMKM

Di samping mengulas produk secara mandiri, online seller juga bisa menciptakan segmen khusus yang berisikan ulasan-ulasan dari pelanggan.

Langkah ini bisa meningkatkan nilai kredibilitas terhadap bisnis Anda.

2. Tutorial, Tips and Trick

Konten yang berupa tutorial dan juga tips and trick bisa menjadi angin segar bagi sebuah blog.

Pasalnya, Anda bisa mengombinasikan antara artikel dengan video yang menunjukkan keunikan dan kelebihan dari fungsi produk yang dijual.

Konten sejenis ini bisa menjadi nilai tambah yang mendorong keinginan calon pelanggan untuk merasakan langsung pengalaman dengan produk yang ditampilkan.

3. Kumpulan Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

Sebagian orang merasa enggan untuk mengutarakan pertanyaan secara langsung, sehingga mereka memilih untuk berselancar ke internet demi mencari jawabannya.

Adanya segmen Frequently Asked Question (FAQ) tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan akan membantu menjawab pertanyaan dan keragu-raguan yang dimiliki oleh pelanggan.

Baca Juga: 'Nyok Kite Dukung Karya UMKM Lokal', Rayakan HUT DKI Jakarta ke-495, Tokopedia Kolaborasi Bareng Dekranasda DKI Jakarta

Segmen FAQ juga bisa meringankan pekerjaan Anda sebagai pemilik bisnis karena tidak harus menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

4. Giveaway Produk

Jenis konten yang satu ini tidak asing lagi dan selalu ditunggu di kalangan pengguna media sosial.

Anda bisa mengarahkan pengguna media sosial untuk mengunjungi blog bisnis Anda dan melakukan interaksi ataupun engagement di sana.

Sesuaikan momentum, syarat ketentuan, dan langkah partisipasi giveaway dengan target yang ingin dicapai, misalnya untuk mempromosikan produk atau jasa yang baru saja diluncurkan.

Konten giveaway juga terbukti bisa menggaet followers baru di media sosial, potensi customer baru, hingga meningkatkan trafik laman blog bisnis Anda.

Optimalisasi penulisan blog bisa memberikan banyak manfaat, termasuk bagi performa bisnis.

Akan tetapi, tidak setiap orang memiliki kemampuan mendasar mengenai penulisan blog yang efektif.

Kognisi.id by Kompas Gramedia mengajak Anda untuk belajar bersama dalam kelas Prakerja “Menciptakan Konten Kreatif Melalui Blog”.

Baca Juga: UNS Surakarta Bedah Peran UMKM Terhadap Kemandirian Ekonomi Lewat Transformasi Digital

Difasilitasi oleh Chief Operating Officer (COO) Kompasiana Nurulloh, kelas ini akan menyuguhkan pengetahuan menyeluruh terkait strategi konten, konsep SEO, hingga langkah-langkah monetisasi pada blog. Selamat belajar!

(*)