Find Us On Social Media :

Tingkatkan Kegemaran Membaca Generasi Muda, Gramedia dan TikTok Hadirkan Kembali #SerunyaMembaca

By Grid, Kamis, 7 Juli 2022 | 17:49 WIB

Gramedia kembali berkolaborasi dengan TikTok menghadirkan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca untuk yang kedua kalinya.

Grid.ID – Berdasarkan survei terbaru dari data indeks bertajuk “Tingkat Kegemaran Membaca Nasional” yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional, memasuki tahun 2021 kegemaran membaca masyarakat Indonesia mulai meningkat, meskipun masih dalam kategori kuantitas sedang.

Survey tersebut menyebutkan dari skala 1 hingga 100, masyarakat Indonesia berada di skala 59.92.

Hal ini menunjukan masih perlu adanya peningkatan kegemaran membaca masyarakat Indonesia yang lebih merata di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia dan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan konten kategori pendidikan di TikTok, Gramedia kembali berkolaborasi dengan TikTok menghadirkan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca untuk yang kedua kalinya.

Kampanye ini akan diselenggarakan mulai dari 6 hingga 13 Juli 2022.

Sebelumnya, Gramedia bersama TikTok telah mengawali upaya menumbuhkan literasi serta minat membaca pada April 2022 lalu, dengan menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk pertama kalinya.

Kampanye ini mengajak pengguna TikTok untuk berbagi konten seputar buku di TikTok.

Dengan membawa misi untuk terus menghadirkan keseruan dan berbagi inspirasi kepada masyarakat Indonesia, Gramedia melanjutkan kerja sama dengan Gramedia, untuk meningkatkan kegemaran membaca lebih masif lagi, khususnya kepada generasi muda, melalui kampanye #SerunyaMembaca yang berlangsung selama bulan Juli ini.

Kampanye #SerunyaMembaca kali ini akan dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan seperti Hashtag Challenge, Livestreaming Session, Book Charity, serta Rak Rekomendasi #SerunyaMembaca.

Lebih lanjut, pada Hashtag Challenge, para peserta harus membuat minimal dua konten orisinal berupa video edukatif dan informatif dengan tema buku.

Baca Juga: Ayah Bunda Catat Yuk, Inilah Fakta Penting Fleksibilitas PTM 100 Persen!

Peserta dapat membuat video tentang rekomendasi buku, pelajaran apa yang didapat dari buku, quotes dari buku, memasak dengan mengikuti resep dari buku resep, dan konten informatif lainnya.

Peserta dapat mengunggah konten ke TikTok menggunakan tagar #SerunyaMembaca.

Sebanyak 10 pemenang yang beruntung akan memiliki kesempatan meraih total hadiah hingga 22 juta Rupiah, serta 10 pemenang tambahan akan mendapatkan 10 voucher dari Gramedia masing-masing sebesar Rp200 ribu.

Pemenang dari kompetisi #SerunyaMembaca ini akan diumumkan pada 23 Juli 2022.

Tidak hanya itu, kampanye ini akan mengadakan tiga sesi livestreaming bersama tiga penulis selebriti.

Penulis selebriti yang dimaksud adalah Fajar Aditya (RJL5) penulis buku “Hilang Dalam Dekapan Semeru” untuk sesi pertama di 6 Juli pukul 15.00, Luvita Ho, penulis “Baking At Home – 50 resep Simple & Anti Gagal” pada sesi kedua di 7 Juli pukul 13.00, dan dilanjutkan oleh Dinda Mulia, penulis “First Drop of Red” pada sesi ketiga di 9 Juli pukul 14.00.

Livestreaming ini akan diselenggarakan di akun TikTok @gramedia.

Selanjutnya, Gramedia juga akan menyumbangkan 1.000 buku yang akan didistribusikan kepada anak-anak di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, melalui Taman Bacaan Pelangi.

Masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi untuk menyumbangkan bukunya, dengan cara melakukan drop buku melalui customer service di 10 toko Gramedia; Gramedia Matraman, Gramedia Emerald, Gramedia BSD City, Gramedia Harapan Indah, Gramedia Bandung Merdeka, Gramedia Yogyakarta Sudirman, Gramedia Aceh, Gramedia Tasikmalaya, Gramedia Karawang, dan Gramedia World Cirebon.

Baca Juga: Jurnalisme Berkebangsaan: Bangun Kesadaran Generasi Muda akan Makna Jurnalisme

Lebih lanjut, untuk menyemarakkan kampanye #SerunyaMembaca, Gramedia dan TikTok menyediakan rak rekomendasi buku khusus dari #SerunyaMembaca pada 10 toko Gramedia tersebut.

Rekomendasi ini didasarkan atas buku-buku yang paling laris terjual pada kompetisi #SerunyaMembaca sebelumnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rekomendasi buku tersebut, para pengunjung dapat menelusuri tagar #SerunyaBelajar di TikTok, atau kunjungi langsung toko buku Gramedia untuk melihat lebih banyak rekomendasi buku pada rak #SerunyaMembaca. (*)