Grid.ID – Tokopedia berhasil meraih penghargaan untuk empat kategori di ajang Selular Award 2022. Pengumuman dan penyerahan penghargaan dilakukan di Merlynn Park Hotel, Jakarta, pada Jumat (29/7/2022).
Keempat kategori tersebut mencakup Most Trusted Brand, UMKM’s Most Favorite e-Commerce, Best e-Commerce, dan Excellence in Performance untuk Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison.
Sebagai informasi, Selular Award 2022 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Selular Media Network (SMN) sebagai bentuk penghargaan bagi para pelaku industri teknologi dan komunikasi.
CEO SMN Uday Rayana mengungkapkan, para peraih penghargaan di ajang ini adalah mereka yang dinilai telah berkontribusi besar untuk pembangunan di bidang telekomunikasi dan teknologi di Indonesia.
Baca Juga: Bakal Absen Dalam World Tour Super Junior di Manila, Choi Siwon Dinyatakan Positif Covid-19
Selain penilaian kinerja selama satu tahun terakhir, peraih penghargaan juga ditentukan dari hasil polling yang dilakukan Selular.ID mulai 21 Juni hingga 20 Juli 2022.
"Mengambil tema Winning in Digital Ecosystem, Selular Award yang pada tahun ini menginjak gelaran ke-19 menjadi cerminan bagi para pelaku usaha dalam mengarungi tantangan dan dinamika bisnis yang kerap berubah," ujar Uday dikutip dari Seluler.ID, Minggu (31/7/2022).
Sejalan dengan prestasi tersebut, Leontinus selaku Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia mengatakan, Tokopedia akan terus berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam memenuhi kebutuhan pengguna, serta 12 juta pegiat usaha lokal yang tergabung di Tokopedia.
“Tokopedia ingin membangun ekosistem digital di mana semua orang dari Sabang sampai Merauke menjadi lebih produktif. Karena, kita tahu, tidak semua orang punya kesempatan yang sama” ujar Leontinus.
Untuk menyukseskan inisiatif tersebut, Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan bahwa Tokopedia juga mengedepankan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.
“Kami selalu mengedepankan DNA kami, yaitu focus on consumer, di mana pengguna yang mencakup pembeli, penjual, serta karyawan selalu menjadi fokus utama dari inovasi bisnis Tokopedia,” ujar Ekhel.
Lebih lanjut, Ekhel mengungkapkan bahwa Tokopedia memiliki empat program yang berada di bawah naungan inisitatif Hyperlocal. Program pertama adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal yang menghadirkan festival belanja mulai tanggal 25-30 setiap bulannya.
“Para penjual di daerah dapat mendapatkan eksposur yang lebih besar dalam kampanye WIB Lokal,” ungkapnya.
Baca Juga: Setelah Resmi Cerai dari Sule, Nathalie Holscher Mengaku Trauma dengan Pernikahan
Kedua, program Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat lewat fitur geo-tagging. Fitur lokasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan peluang bagi UMKM untuk bangkit dan dikenal.
Ketiga, program Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat untuk mendapatkan produk kebutuhan harian, termasuk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, dan makanan ringan.
“Tokopedia memberikan garansi pengiriman, yakni lewat jaminan tiba maksimal dua jam setelah pembayaran,” imbuh Ekhel.
Program keempat adalah Dilayani Tokopedia. Ekhel mengatakan, layanan tersebut memungkinkan penjual di Tokopedia untuk menitipkan stok produk mereka di "gudang pintar" yang tersedia di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang.
“Melalui program Dilayani Tokopedia, Tokopedia berkomitmen untuk menyediakan pengiriman yang tepercaya, cepat, dan gratis ke seluruh negeri. Kami juga akan terus berupaya merambah kota lainnya, guna mendukung inisiatif Hyperlocal,” pungkasnya.