Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum
Grid.ID - Tak terasa, 53 tahun sudah Gramedia turut serta dalam memajukan literasi di Indonesia.
Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis.
Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.
Setelah berhasil melewati era pandemi dengan semangat #TanpaBatas, Gramedia kini berinovasi dan bertransformasi untuk #LebihDekat dengan masyarakat.
Mulai dari para pelanggan, penggiat literasi, pembaca, penulis, penerbit, mitra, pemasok, komunitas hingga seniman dengan menyediakan layanan, produk, event, dan value yang lebih inovatif dan customer-centric.
Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-53, Gramedia menghadirkan Lebih Dekat Festival: sebuah aktivasi yang diinisiasi dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-53 Gramedia yang berkolaborasi dengan Bank BTN.
Festival ini adalah bentuk sinergi Gramedia dengan literasi, seni, masyarakat, serta akselerasi bisnis usaha mikro dan menengah.
Gramedia juga bekerja sama dengan Forum Taman Baca Indonesia untuk memberikan donasi pelanggan berupa paket buku ke-53 titik kota di Indonesia.
Momen ulang tahun ini juga dimanfaatkan Gramedia untuk menyalurkan Donasi Wakaf Al Qur’an sebanyak 1000 Al Qur’an untuk 10 lokasi pesantren yang membutuhkan.
Di tahun 2022 Gramedia menjalankan program Corporate Social Responsibility berupa sumbangan buku bacaan sejumlah 4 Miliyar rupiah melalui Store Gramedia di seluruh Indonesia.
Periode selebrasi ulang tahun ke-53 Gramedia ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu mulai dari 2 Februari hingga 5 Februari 2023.
Tanggal 2 Februari dibuka dengan sambutan dari Priyo Utomo selaku CEO Group of Retail and Publishing Kompas Gramedia dan juga dihadiri oleh CEO Kompas Gramedia Group, Lilik Oetomo, beserta jajaran.
Dalam sambutannya, Priyo menyoroti kesuksesan Gramedia selama 50 tahun pertama yang telah terlewati.
Dengan bertransformasi menjadi #LebihDekat dengan masyarakat, Priyo Utomo bertekad agar Gramedia dapat memberikan yang lebih baik di 50 tahun berikutnya.
"50 tahun pertama sudah dilewati. 50 tahun ke depan harus lebih baik lagi. Kata kuncinya ada 2. Satu, relevan. Dua, adaptif. Selama Gramedia bisa membuat dirinya selalu relevan (dari sisi produk, bisnis model, bisnis proses, layanan) dan bisa dengan luwes menyesuaikan diri di tengah zaman yang selalu berubah, saya yakin Gramedia bukan sekadar akan bertahan. Gramedia tetap akan ada, tumbuh, dan berkembang, untuk terus menginspirasi Indonesia yang kita cintai,”kata Priyo dalam sambutannya di Gramedia Matraman, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2023). Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, live report secara online dari Gramedia Pettarani Makassar, dan Pakuwon Mall Jogja yang merupakan dua cabang Gramedia yang baru dibuka.
Ini juga merupakan momentum Gramedia untuk memperkenalkan Gramedia Mitra, Gramedia Affiliate dan Pay & Go, sebagai bentuk inovasi terbaru dari Gramedia dalam rangka menjadi #LebihDekat dengan masyarakat.
Di tanggal tersebut bersama dengan Bank BTN, Gramedia juga memberikan pengalaman menggunakan Pay & Go secara langsung, hingga eksibisi UMKM, dan merchandise eksklusif di sesi Lebih Dekat Festival Tour.
Selanjutnya di tanggal 3, Gramedia mengajak masyarakat penggiat literasi, penulis, dan Taman Baca Masyarakat DKI Jakarta untuk turut hadir dalam beberapa kegiatan yang menarik.
Diantaranya, Kupas Naskah, dan Talkshow Kepenulisan GWRF x GWP yang bisa diikuti oleh para penulis muda Indonesia yang ingin belajar menulis buku.
Juga, ada Book Signing “Srikandi Indonesia Bertaruh Nyawa”, serta Pentas Anak, Read Aloud & Bookish Play, dan Workshop Mendongeng yang bisa diikuti oleh anak-anak dari Taman Baca Masyarakat.
Di tanggal 4 dan 5, para pengunjung dapat menikmati beragam talkshow inspiratif yang dihadirkan oleh para penggiat literasi ternama Indonesia, dan penampilan musik.
Akan ada talkshow di tanggal 4 Februari yang mengangkat tema “Let’s Talk About Working Woman Stories in Metropop” oleh Nina Ardianti (The Dating Game) dan Almira Bastari (Home Sweet Loan), Meet and Greet dengan para penuis dari Gagas Media, dan bedah Buku Rumus Juara oleh Mischka dan Devon.
Baca Juga: Kelas Perdana Laboratorium NFT Bentara Budaya Powered by Astra Dimulai
Para hari selanjutnya, Sisca Soewitomo sang legenda kuliner Indonesia juga akan hadir dan menampilkan cooking demo dengan tema “Menu Nostalgia ala Sisca Soewitomo”.
Tidak hanya itu, akan ada juga sesi book talk seputar self-improvement bersama Puty Par (Tips PDKT Sama Diri Sendiri), HeloBagas (Nanti Juga Sembuh Sendiri), dan Valerie Patkar (Tebar Cinta Dengan Cerita).
Rangkaian ulang tahun Gramedia ini akan ditutup dengan penampilan spesial dari komika Indonesia di Stand Up Indo, dan music performance oleh Nadin Amizah.
Visual yang dilihat para pengunjung dari seluruh kegiatan seremoni ini adalah hasil kolaborasi antara Gramedia dengan visual artist asal Depok, Herzven.
Memiliki nama asli Prayudi Herlambang, Herzven telah menghasilkan karya berskala lokal maupun global.
Di tahun 2023 ini, Herzven bersama Gramedia menghadirkan visualisasi semangat baru Gramedia yaitu #LebihDekat.
Selama acara, para pengunjung juga dapat menikmati beragam merchandise eksklusif yang dihadirkan dari hasil kolaborasi Gramedia x Herzven bersama Viar dan Thanksinsomnia.
Mulai dari kaos, hingga motor listrik bisa pengunjung dapatkan sembari menikmati rangkaian acara dan jajanan eksklusif dari UMKM yang dihadirkan oleh kerja sama antara Gramedia dan bank BTN.
Dalam upaya mendukung usaha -usaha kecil lokal Makassar, Gramedia bersama bank BTN menghadirkan bazaar UMKM Gramedia x Bank BTN yang dihadiri oleh usaha-usaha lokal milik nasabah bank BTN kota Makassar.
Selama 4 hari dari tanggal 3 – 6 Februari, para pengunjung dapat menikmati berbagai macam jajanan, mulai dari Hasanah Bakery, MnCo Drink, Ngikan, Roti Gembong Ratu, Croffelon, hingga Kekopian.id.
(*)