Grid.ID – Bisnis skincare dan kosmetik dengan merek sendiri memberikan kebebasan bagi pengusaha untuk mengembangkan merek sesuai keinginan. Hal ini juga bisa menjadi solusi jika pelaku usaha punya sasaran pasar yang spesifik.
Namun, memulai bisnis kosmetik dengan merek sendiri tidaklah mudah. Sebab, prosesnya membutuhkan persiapan yang matang dan riset yang panjang.
Hal tersebut menjadi perhatian khusus Greenlife Harvest yang merupakan salah satu pabrik maklon kosmetik Jakarta. Digital Marketing Greenlife Harvest Zainal Abidin mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis kosmetik dengan merek sendiri.
Pertama, kata Zainal, adalah memilih mitra bisnis yang tepat. Tahap ini penting agar proses produksi bisa berjalan cepat dan memudahkan distribusi produk.
“Anda dapat mencari mitra bisnis yang menyediakan jasa pembuatan produk skincare secara custom. Pastikan untuk memilih mitra bisnis yang dapat dipercaya, memiliki kualitas produk yang baik, dan memenuhi standar keamanan dan keselamatan,” kata Zainal dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (4/4/2023).
Kedua, tentukan jenis produk. Zainal mengatakan, penentuannya harus sesuai kebutuhan pasar.
Baca Juga: Pengalaman Pribadi, Ashanty Ungkap Alasan di Balik Bangun Bisnis Skincare
“Selain itu, pertimbangkan juga faktor lain, seperti bahan baku, kemasan, dan formula yang akan digunakan. Pastikan formulasi produk yang digunakan aman dan sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan,” ujar Zainal.
Ketiga, memiliki strategi distribusi yang tepat. Menurut Zainal, hal ini merupakan modal sangat penting dalam memulai bisnis kosmetik dengan merek sendiri. Sebab, dengan memiliki sistem pengiriman yang efektif dan efisien, produk dapat sampai ke tangan konsumen dengan cepat dan aman.
“Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual produk secara online atau offline dan menggunakan kedua strategi tersebut untuk memaksimalkan jangkauan pasar,” jelas Zainal.
Keempat, gencar melakukan promosi agar produk semakin dikenal pasar. Supaya tahapan ini berjalan dengan hasil optimal, Zainal mengimbau agar pemilik usaha memilih strategi promosi yang tepat, seperti memasang iklan secara online, bekerja sama dengan influencer marketing, mengikuti event, dan cara promosi lain.
Baca Juga: Bersaing Ketat! 5 Selebritis Ini Rambah Bisnis Kecantikan, Ada yang Go Internasional