Grid.ID - Pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, untuk mengurangi kemiskinan, mengurangi ketimpangan, dan melindungi lingkungan.
Dalam hal ini, generasi muda memiliki peranan dalam membentuk kebiasaan baru dan memberi dampak keberlangsungan bumi di masa mendatang.
Kesadaran akan pola pikir dan gaya hidup yang peduli terhadap lingkungan juga mulai diterapkan oleh para generasi muda.
Jika mengacu pada data tahun 2021 dari Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini Indonesia didominasi oleh generasi Z sebanyak 27,94 persen dan milenial sebanyak 25,87 persen.
Sehingga berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa generasi muda memiliki peran yang sangat krusial dalam mewujudkan SDGs di Indonesia.
Sebagai media yang mendukung penuh aksi SGDs, KG Media hadir dengan sebuah campaign bernama Lestari, yang merupakan inisiasi mulia dan kontribusi KG Media untuk mewujudkan akselerasi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Dian Gemiano, Chief Marketing Officer KG Media, mengatakan, “Pertumbuhan ekonomi yang terakselerasi teknologi sebaiknya diimbangi juga dengan narasi keberlanjutan untuk pembangunan peradaban yang berbasis kemanusiaan."
"Menurut survei pembaca KG Media, publik Indonesia sudah memiliki kesadaran yang baik tentang isu-isu keberlanjutan dan hal tersebut memengaruhi juga persepsi mereka tentang sebuah brand atau perusahaan.”
Gemiano juga mengungkapkan bahwa tantangannya adalah saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui program-program keberlanjutan yang dilakukan perusahaan.
KG Media Lestari dirancang sebagai platform untuk mengakselerasi kolaborasi para pemangku kepentingan sekaligus menggaungkan gerakan-gerakan yang mendukung isu keberlanjutan agar dampaknya lebih signifikan.
Baca Juga: Gagasan Peradaban dan Kemanusiaan dalam Tantangan Kemajuan Teknologi
Lewat Lestari, KG Media telah melakukan riset terhadap pembaca, pemirsa dan pendengarnya yang tersebar di seluruh Indonesia mengenai gaya hidup generasi muda dan konsumen di Indonesia terhadap service atau produk yang dihasilkan dari perusahaan yang mendukung program SDGs.
Riset ini telah dilakukan di sepanjang bulan Mei 2023 lalu, dengan menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif.
Riset kuantitatif melibatkan sebanyak 5.620 responden yang berasal dari berbagai usia dan gender, serta merupakan audiens KG Media selama satu tahun terakhir yang dilaksanakan secara daring melalui widget, media sosial, dan native polling di seluruh unit KG Media.
Sementara itu riset kualitatif menggunakan lima orang responden yang dipilih secara acak, dan dilaksanakan secara daring dengan in depth interview.
Dari riset tersebut, KG Media mendapati sejumlah temuan-temuan menarik.
Dari keseluruhan audiens KG Media, sebanyak 40% adalah orang yang mengikuti isu-isu sosial, lingkungan, etika bisnis, memperhatikan program maupun kinerja perusahaan terkait SDGs, dan aktif dalam aktivitas sosial atau lingkungan.
Namun jika dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia, perempuan ternyata lebih peduli terhadap isu SDGs dibandingkan dengan laki-laki.
Sedangkan, audiens di usia 18-34 tahun lebih peduli pada isu SDGs bila dibandingkan dengan audiens di usia lebih dari 35 tahun.
Lebih lanjut, audiens usia muda cenderung tertarik dengan isu pendidikan, sedangkan usia di atas 35 tahun lebih tertarik pada isu kesehatan dengan fokus kesehatan anak dan keluarga.
Isu kesehatan dan pendidikan menjadi isu-isu yang paling diperhatikan karena kedua hal tersebut berdampak langsung pada kehidupan sehari-hari.
Baca Juga: KG Media Raih Penghargaan Best Data Activation dari RESHAPE Customer Experience Awards 2022
Terlihat dari besarnya persentase kedua isu tersebut yakni, 45,9 persen untuk isu kesehatan, sedangkan di urutan kedua yakni isu pendidikan sebesar 45,7 persen.
Kemudian, aktivitas yang paling banyak dilakukan pembaca adalah kerja bakti lingkungan.
Mereka juga cenderung lebih banyak melakukan kegiatan komunal dibandingkan personal.
Tak hanya itu, audiens muda ternyata lebih aktif dalam kegiatan sosial atau lingkungan dibanding audiens dewasa.
Dari hasil paparan riset tersebut, dapat disimpulkan bahwa audiens KG Media sudah memiliki kesadaran dan wawasan terkait isu SGDs.
Terlihat dari isu yang menjadi perhatian audiens adalah isu-isu yang dekat dengan keseharian mereka.
SGDs harus didukung oleh semua pihak, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk mencapai seluruh rencana yang ada.
Masyarakat serta lembaga swasta juga memiliki tanggung jawab dan peran dalam berbagai aspek SDGs yang bisa dicapai di 2030 mendatang.
Informasi lebih lanjut terkait riset SGDs dan campaign Lestari KG Media dapat diakses melalui laman www.kgmedia.id/lestari
(*)