Grid.id - Sustainable Development Goals (SDGs) atau prosespembangunan berkelanjutan adalah salah satu langkah untuk menjaga kualitas lingkungan hidup serta menjamin keadilan dan terlaksanannya tata kelola pemerintahan yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi lainnya.
Jika mengacu pada data kependudukan, saat ini Indonesia didominasi oleh generasi Z yakni sebanyak 27,94 persen dan milenial sebanyak 25,87 persen.
Sehingga berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa generasi muda memiliki peran yang sangat krusial dalam mewujudkan SDGs di Indonesia.
Generasi muda tidak boleh berdiam diri dan lengah.
Apalagi, peran mereka sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam proses pembangunan berkelanjutan. Semua harus terlibat dalam mendukung kegiatan ini.
Terlebih peran generasi muda, mengingat jumlahnya cukup besar di negeri ini, yakni mencapai 40 persen dari total pendudukIndonesia.
Melihat fakta di atas, KG Media tidak tinggal diam dan sepenuhnya mendukung realisasi SGDs. KG Media hadir dengan sebuah campaign bernama Lestari, yang merupakan inisiasi mulia dan kontribusi KG Media untuk mewujudkan akselerasi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Lewat Lestari, KG Media telah melakukan riset terhadap pembaca, pemirsa dan pendengarnya yang tersebar di seluruh Indonesia mengenai gaya hidup generasi muda dan konsumen di Indonesia terhadap service atau produk yang dihasilkan dari perusahaan yang mendukung program SDGs.
Riset ini telah dilakukan di sepanjang bulan Mei 2023 lalu, dengan menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif.
Dian Gemiano, Marketing Chief Officer KG Media juga mengungkapkan bahwa tantangan SGDs saat ini adalah masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui program-program keberlanjutan yang dilakukan perusahaan.
KG Media Lestari dirancang sebagai platform untuk mengakselerasi kolaborasi para pemangku kepentingan sekaligus menggaungkan gerakan-gerakan yang mendukung isu keberlanjutan agar dampaknya lebih signifikan.