Grid.ID - Di tengah era digital ini, banyak generasi produktif baik dari yang paling muda seperti Gen Z, Millennial, sampai Gen X terpapar informasi yang menyebar begitu luas.
Penyebaran informasi yang dikemas secara pendek dan cepat membuat informasi tersebut lebih menarik di mata masyarakat.
Hal ini mempengaruhi perilaku konsumen dari yang sebelumnya mencari informasi dengan bertanya kepada orang terdekat, menjadi melalui internet dan media sosial.
Hal ini didukung dengan penetrasi smartphone yang sudah sangat tinggi di Indonesia.
Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, 67,88% penduduk Indonesia yang berusia 5 tahun ke atas sudah memiliki smartphone.
Persentase tersebut meningkat dibanding 2021 yang masih 65,87%.
Tidak hanya berhenti di pencarian informasi, untuk pengambilan keputusan pun kini masyarakat memposisikan penggalian informasi secara digital sebagai sumber referensi terpercaya.
Dengan begitu banyak dan cepatnya informasi yang tersebar dan diterima orang setiap harinya, mereka yang tidak memiliki kemampuan self-censorship akan cenderung memiliki short attention span atau jumlah waktu yang dihabiskan untuk berkonsentrasi menjadi lebih pendek.
Hal ini menyebabkan semua informasi akan diserap tanpa disaring terlebih dahulu kemudian akan ada kemungkinan timbul rasa ingin membanding-bandingkan kondisi diri sendiri dengan apa yang mereka lihat di internet dan media sosial.
Akibatnya, orang akan mengambil keputusan finansial seperti membeli barang dengan impulsif dan terburu-buru hingga merugikan diri sendiri ke depannya.