Grid.ID – Sarwendah bukanlah nama yang asing di dunia hiburan. Namanya pertama kali meroket ketika ia debut sebagai anggota girl band Cherrybelle pada 2011.
Setelah menikah dengan presenter Ruben Onsu, ia pun memilih bersolo karier. Namun, seiring waktu Sarwendah pun mulai merambah dunia bisnis. Banyak cara yang ia lakukan untuk mendorong penjualan produknya. Salah satunya, live shopping.
Sebelumnya, Sarwendah hanya sering menggelar live shopping di akun media sosialnya. Melihat kesuksesan Ruben Onsu mendulang omzet di Shopee Live pada Senin (31/7/2023), ia pun mengikuti jejak sang suami untuk live shopping di platform tersebut.
Kabar baiknya, live shopping spesial Sarwendah di Shopee Live akan berlangsung pada 4 Agustus 2023 pukul 20.00-22.00 WIB melalui akun @Sarwendahofficial.
Sepanjang live streaming nanti, kamu juga bisa menikmati promo Semua Diskon 50% untuk beragam kategori produk favorit seperti fashion, beauty, mom and baby, serta home and living.
Selain Sarwendah, masih ada dua selebritas lainnya juga akan mengadakan live shopping spesial pada Agustus untuk memeriahkan Shopee Live Semua Diskon 50%. Mereka adalah Raffi Ahmad dan dr Richard Lee.
Baca Juga: Sudah Gajian? Saatnya Incar Produk Impian karena Shopee Live Semua Diskon 50%
Shopee menggelar live shopping spesial di Shopee Live karena melihat kesuksesan program sebelumnya. Pada program 7.7 Shopee Live Bombastis Sale, Raffi Ahmad juga sempat melakukan live shopping spesial.
Pada kesempatan tersebut Raffi berhasil memecahkan rekor live streaming dengan total transaksi Rp 7 miliar. Tak hanya itu, traffic kunjungan pengguna Shopee juga turut meroket.
Didorong oleh populernya Shopee Live
Ketertarikan para selebritas dan seller, termasuk Sarwendah, untuk memanfaatkan Shopee Live juga tak lepas dari terdepannya traffic pengunjung Shopee.
Dikutip dari data SimilarWeb pada Mei 2023, Shopee berada di urutan pertama sebagai e-commerce dengan traffic tertinggi. Shopee memiliki total 161 juta pengunjung. Peringkat kedua dan ketiga disusul oleh Tokopedia dengan 106 juta pengunjung dan Lazada sebanyak 70 juta pengunjung.
Menurut survei Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia”, tingginya jumlah pengunjung Shopee didorong oleh adanya fitur Shopee Live yang berhasil membuat pengguna merasa lebih dekat dengan seller kesayangan mereka.
Masih dikutip dari survei yang sama, sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live shopping yang paling sering digunakan, disusul dengan TikTok Live sebesar 25 persen. Shopee Live juga menjadi top of mind konsumen dalam hal live shopping.
Survei tersebut menunjukkan Shopee Live dipilih 60 persen responden sebagai pilihan tempat berbelanja, sementara 30 persen responden memilih TikTok Live. Sebanyak 79 persen responden juga kerap mengikuti Shopee Live untuk membeli produk fashion yang mereka inginkan.
Selaras dengan tingginya antusiasme pengguna, inovasi Shopee Live juga berhasil mencetak jumlah transaksi dan porsi pangsa pasar (share of order) yang memuaskan, dengan kenaikan jumlah transaksi (share of revenue) hingga 56 persen selama enam bulan terakhir, serta mencatat peningkatan nilai transaksi hingga 54 persen.
Baca Juga: Shopee Rajai Pasar E-Commerce Indonesia, Unggul dari Tokopedia dan TikTok Shop
Sementara itu, pada periode yang sama, TikTok Live meraup pangsa pasar 30 persen dengan total nilai transaksi secara keseluruhan 31 persen.
Adapun produk yang paling banyak dibeli pengguna Shopee Live adalah fashion dan aksesori dengan persentase 85 persen dari total transaksi di Shopee. Kemudian, kategori terpopuler kedua dan ketiga adalah produk kecantikan, perawatan dan kesehatan sebesar 54 persen, dan gaya hidup sebesar 41 persen.
Produk selanjutnya yang juga banyak dibeli pengguna adalah kebutuhan rumah tangga sebesar 33 persen, produk sehari-hari sebesar 32 persen, elektronik sebesar 25 persen, serta kebutuhan ibu dan anak sebesar 16 persen.
Survei Populx juga menemukan bahwa lebih banyak responden memilih Shopee Live untuk membeli barang dengan kategori fashion dan kecantikan.
Untuk kategori fashion, Shopee Live dipilih oleh 79 persen responden dan kecantikan oleh 71 persen responden. Sebanyak 44 persen responden memilih TikTok Live untuk belanja kategori fashion dan 51 persen untuk kategori kecantikan.
Ketika ditanya mengenai platform live streaming yang paling disukai, 66 persen responden menjawab Shopee Live, 28 persen menjawab TikTok Live, dan sisanya platform lain.
Bagi kamu yang gemar berburu sale, jangan lewatkan live streaming Sarwendah pada 4 Agustus 2023. Sebab, Shopee akan mengadakan berbagai promo seru yang sayang untuk dilewatkan! Selain itu, tonton juga live shopping dari dr Richard Lee dan Raffi Ahmad.
(**CM/FAT)