Grid.ID – Siapa yang tak kenal dengan dr Richard Lee? Tak hanya sukses membangun usaha klinik kecantikan Athena dan meluncurkan produk skincare Goddesskin by Athena, ia juga dikenal sebagai YouTuber dengan 4,18 juta subscribers.
Tema yang diangkat dalam kanal Youtubenya juga beragam, mulai dari tips kecantikan dan perawatan diri, review produk, hingga podcast yang menghadirkan berbagai tokoh ternama. Salah satu unggahan video dr Richard Lee bahkan telah ditonton lebih dari 7,6 juta kali.
Baru-baru ini, dr Richard Lee kembali membuat jagat media sosial gempar. Pasalnya, ia mengunggah keberhasilannya meraih omzet hingga Rp 8 miliar dari penjualan produk skincare-nya di Shopee Live. Omzet itu ia raih hanya dalam waktu 2,5 jam.
Bahkan, omzet yang diraih dr Richard Lee mengalahkan rekor yang pernah diraih Sultan Andara, Raffi Ahmad, pada program sebelumnya yang mencapai Rp 7 miliar.
Baca Juga: Perdana Cicip Shopee Live, dr Richard Lee Raup Omzet Rp 8 Miliar dalam 2,5 Jam!
Menariknya, omzet sebesar itu diraih dr Richard Lee yang baru pertama kali menjajal live streaming di Shopee Live untuk memeriahkan kampanye 8.8 Grand Beauty and Fashion Festival.
Kebanggaan akan momen istimewa meraih rekor omzet tertinggi di Shopee Live tersebut ia bagikan melalui Instagram Story di akun pribadinya, @dr.richard_lee, pada Selasa (1/8/2023).
“2,5 Jam dapet 8 MILYAR RUPIAH! Luar biasa banget Live Shopee ya membludak banget! Kalian luar biasa dibanding platform lain ini Shopee luar biasa banget livenya! Target cuman 2 Milyar, dalam waktu 2.5 Jam dapet 8 MILYAR RUPIAH!!! Pecah banget, paling murah cuman di Live Shopee luar biasa banget!” tulis dr Richard Lee.
Kisah hidup yang inspiratif
Di balik sosoknya yang kerap mengundang perhatian, tak banyak yang tahu bahwa dr Richard Lee memiliki kisah hidup inspiratif. Ia pernah melewati masa-masa sulit yang penuh tantangan sebelum mencapai puncak keberhasilan.
Baca Juga: Inge Anugrah Resmi Jadi Direktur Pemasaran untuk Bisnis Milik Richard Lee
Diketahui, dr Richard Lee lahir di Medan pada 11 Oktober 1985. Menurut cerita yang dibagikan melalui akun Instagram @dr.richard_lee, dia dibesarkan di keluarga dengan latar belakang ekonomi yang kurang mampu. Selama bersekolah, kedua orang tuanya kerap meminta pastor paroki gerejanya untuk meringankan biaya sekolahnya.
Meski bukan termasuk siswa yang berpestrasi, dr Richard Lee sukses menyelesaikan pendidikan sekolah dengan nilai memuaskan di SMA Xaverius 1 Palembang. Lalu, ia menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang.
“Setelah lulus dari Unsri sebagai dokter, saya sebagai dokter biasa nggak punya apa-apa, nih. Rumah nggak ada, kendaraan enggak ada. Papa saya juga masih kerja seperti biasa. Gaji UMR, jadi enggak ada apa-apa,” ungkap dr Richard Lee.
Kemudian, dr Richard Lee melanjutkan kuliah S2 di Universitas Respati Indonesia. Setelah lulus, ia pun mulai merintis bisnis klinik kecantikan Athena yang kini cabangnya telah tersebar di berbagai penjuru Indonesia.
Baca Juga: dr. Richard Lee Kaget dan Tertawa Dengar Penyakit Stroke Telinga, Ternyata Ini Penjelasan Medisnya
Di sela-sela menjalani bisnisnya, dr Richard Lee juga sempat mengenyam ilmu di Atlantic International University di Amerika Serikat untuk mendapatkan gelar doktor atau PhD.
“Sekarang saya punya 23 perusahaan di bawah saya. Ada 18 klinik kecantikan yang tersebar di semua cabang di Indonesia di kota-kota besar. Puji Tuhan, klinik kecantikan saya dikenal masyarakat. Salah satu klinik kecantikan terbesar juga di Indonesia,” ungkap dr Richard Lee.
Coba Shopee Live karena bidik omzet besar
Terpacu untuk semakin sukses, dr Richard Lee kini pun memutuskan bergabung di Shopee Live untuk mengembangkan bisnis kecantikannya. Tak hanya itu, ia juga hadir sebagai “Star of the Day” pada kampanye belanja Shopee Live kali ini.
“Awalnya, saya tergiur dengan omzet besar yang diperoleh oleh teman selebritas lain sebelumnya di Shopee Live,” ujarnya.
Seperti diketahui, Shopee Live merupakan salah satu platform live shopping untuk yang saat ini populer dan banyak dipilih konsumen di Indonesia.
Menurut riset Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia”, sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai platform live shopping yang paling sering digunakan. Sementara 25 persen responden memilih TikTok Live. Sisanya, memilih platform live shopping lain.
Sementara berdasarkan pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen. Peringkat itu disusul oleh TikTok Live dengan nilai transaksi sebesar 31 persen.
Shopee Live juga aktif menghadirkan promo belanja menarik bagi pengguna setianya, termasuk diskon harga hingga 50 persen.
Pada 8.8 Grand Beauty and Fashion Festival, sejumlah publik figure lain juga akan memeriahkan sesi live streaming di Shopee Live, di antaranya Ruben Onsu, Sarwendah, Raffi Ahmad, Keanu, dan Nikita Mirzani. Jadi, jangan lewatkan keseruannya hanya di Shopee Live! (**CM/YUS)