Find Us On Social Media :

Kulkas Bau meski Telah Dibersihkan? Berikut Sebab serta 3 Cara Mengatasinya

By , Sabtu, 19 Agustus 2023 | 17:00 WIB

Ilustrasi kulkas

Grid.ID – Tahukah Anda bahwa kulkas harus dibersihkan secara menyeluruh secara berkala?

Sedikitnya, kulkas perlu dibersihkan secara rutin setiap 2-3 bulan sekali. Hal ini berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri serta mencegah timbul bau tak sedap di dalam kulkas.

Namun, bagaimana jika kulkas tetap bau meski telah dibersihkan? Berikut sebab serta tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau pada kulkas.

  1. Bersihkan dengan antibakteri

Bila kulkas tetap bau tak sedap meski sudah dibersihkan, ini artinya perangkat kulkas yang Anda miliki sudah menyerap aneka bau dari berbagai sumber bahan makanan serta bakteri.

Untuk diketahui, bau pada kulkas berasal dari bakteri atau jamur akibat pembusukan makanan dan kelembapan berlebih.

Untuk itu, gunakan pembersih antibakteri serta pemutih saat membersihkan dinding kulkas. Selain itu, Anda dapat menggunakan cuka atau lemon bila ingin membersihkan kulkas dengan cara alami.

  1. Bersihkan sumbatan filter

Sebagian besar kulkas modern telah dilengkapi dengan penyaring (filter), baik udara maupun air.

Agar kulkas tetap berfungsi optimal serta minim bau tak sedap, bersihkan filter tersebut setiap enam bulan sekali. Pasalnya, bisa jadi filter tersebut tersumbat oleh jamur sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Bersihkan wadah tetesan air

Pada bagian bawah kulkas terdapat wadah yang berfungsi untuk menampung uap air dari saluran kondensasi.

Bila tidak dibersihkan, wadah tersebut bisa jadi tempat bertumbuhnya jamur yang memicu bau di dalam kulkas. Bahkan, berpotensi timbul lumut sehingga kulkas menjadi lebih lembap.

Oleh karena itu, bersihkan pula wadah tetesan air tersebut. Caranya mudah, cukup lepaskan wadah tersebut dan bersihkan secara menyeluruh menggunakan sabun dan air.

Itulah tiga langkah yang dapat Anda lakukan agar kulkas tetap bersih dan antibau. Dengan membersihkan kulkas secara tepat tepat, kualitas bahan makanan tetap terjaga serta terhindar dari risiko busuk lebih dini. Interior kulkas pun menjadi lebih bersih dan beraroma segar.

Untuk mendapatkan perangkat kulkas dengan fitur modern kualitas terbaik, Anda bisa mengunjungi toko resmi online INFORMA di ruparupa.

Selain menjual kulkas, ruparupa juga menjual mesin cuciair conditioner (AC), penjernih udara (air purifier), serta perangkat elektronik rumah tangga berkualitas lainnya.

Yuk, belanja sekarang dan dapatkan penawaran menarik!

*CM/YAKOB ARFIN TYAS SASONGKO