Grid.ID -- Baim Wong dikenal sebagai Raja Konten karena beragam konten video, baik bertema prank, vlog, hingga giveaway yang ia unggah di YouTube selalu viral. Tak hanya itu, beberapa aksi Baim Wong pun kerap mengundang tanggapan netizen.
Baru-baru ini Baim Wong kembali jadi pembicaraan. Akun Instagram berita selebritas @lambe_turah mengunggah video Baim tengah marah-marah kepada karyawannya. Video yang diunggah pada Rabu (30/8/2023) tersebut terlihat seperti direkam secara sembunyi-sembunyi dari balik pintu. Suasana tegang terekam dalam video itu.
Netizen pun menyikapi video tersebut dengan tanggapan beragam. Ada yang bertanya-tanya akan sikap Baim yang dinilai kasar terhadap karyawan, ada pula yang menasihati untuk tidak berpikir buruk terlebih dulu sebelum ada klarifikasi.
Meluruskan pemberitaan simpang siur akibat video tersebut, Baim pun memberi penjelasan. Melalui akun Instagramnya, ia mengunggah ulang video tersebut dengan caption "Jangan suudzon..." pada Kamis (31/8/2023).
Ia pun mengumumkan klarifikasi dengan mengunggah video versi lengkap yang merekam kejadian sebenarnya. Video tersebut menampilkan seorang karyawannya sedang memotong sebuah properti berbentuk price tag raksasa dengan tulisan HARGA.
Baim Wong pun melakukan klarifikasi kalau dia saat itu sedang mempersiapkan untuk memberikan potongan harga atau Diskon 50% di sesi Shopee Live perdananya.
“Eh ada Bosque… sabar Bosque. Ini memang seperti yang terlihat. Saya sedang potong harga gede-gedean untuk sesi live perdana saya di Shopee Live! Diskonnya ga main-main, buat Bosque saya kasih 50%. Gila kan? 50% lho, yang lain mana berani? Catet bosque malam ini jam 8 malam! Hanya di Shopee Live! Inget ya Diskon 50%, malam ini jam 8 malam di ShopeeLive! Paling Murah di Shopee”
Mengutip dari perkataan aktor kelahiran 1981 dengan nama asli Muhammad Ibrahim tersebut, ia akan menjajal dunia bisnis online dengan live streaming yang saat ini tengah naik daun. Seperti diketahui, banyak brand, seller UMKM, hingga selebritas yang memiliki produk, mencoba berjualan dengan platform live shopping.
Baim memang mengawali kariernya sebagai pemain sinetron dan FTV. Kemudian, seiring dengan berpindahnya audiens ke ranah digital, ia pun berkreasi membuat konten YouTube dan menjadi salah satu top youtuber di Indonesia.
Baim juga memiliki sejumlah bisnis dan dinilai sebagai sosok yang pintar mencari peluang meraih cuan. Kali ini lapak Shopee Live menjadi pilihannya.
Yakin akan sukses live streaming
Berbekal pengalaman sebagai aktor, presenter, hingga content creator, Baim yakin sesi live streaming-nya di Shopee Live akan sukses. Pasalnya, ia sudah terbiasa mengatur flow interaksi dengan penonton di YouTube. Ia pun memiliki banyak followers yang siap menonton aksinya di Shopee Live.
Namun, di samping itu, keyakinannya sukses live streaming adalah karena audiens Shopee yang cukup banyak. Riset dari Populix yang berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” mengungkapkan bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online.
Sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan. Sementara pesaing terdekatnya, TikTok Live dipilih oleh 25 persen responden.
Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia. Sebanyak 60 persen responden mengatakan ingat Shopee Live jika ingin live shopping. Sementara 30 persen responden ingat TikTok Live, dan sisanya 10 persen mengingat platform serupa lainnya.
Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee Live menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi.
Baca Juga: Sudah Akur dan Jadi Bestie, Baim Wong Langsung Berguru ke Nikita Mirzani Soal Hal Ini
Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee Live berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi sebesar 56 persen dalam 6 bulan terakhir. Sementara pada indikator pangsa pasar nilai transaksi, Shopee Live menduduki peringkat pertama yaitu 54 persen
Pada periode yang sama, riset tersebut juga memaparkan bahwa TikTok Live memiliki share of order 30 persen dan share of revenue 31 persen.
Melalui riset yang sama ini juga diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesori (85 persen), kecantikan, perawatan, dan kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari atau FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), serta ibu dan anak atau kebutuhan bayi (16 persen).
Populix pun menemukan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fashion dan kecantikan. Untuk kategori fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden dan kecantikan dipakai oleh 71 persen responden.
Sementara itu, pada kategori fashion TikTok Live dipakai oleh 44 persen responden dan kecantikan 51 persen responden.
Shopee Live juga menduduki posisi pertama pada indikator merk atau fitur live streaming yang paling disukai, dimana Shopee Live menjadi pilihan 66 persen responden dan pesaing terdekatnya, TikTok Live oleh 28 persen responden.
Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee saat ini memimpin peta persaingan industri e-commerce.
Diskon spesial dari Baim Wong
Tergiur keuntungan bombastis, spesial di tanggal 31 Agustus ini, Baim siap meramaikan pasar live streaming di Shopee Live melalui akun @baim.wong miliknya.
Setiap hari, mulai jam 8.00 malam Shopee Live juga akan menghadirkan banyak kejutan, mulai dari pilihan produk yang lengkap dan beragam dan promo besar-besaran yang membuat belanja di Shopee paling murah.
Selain itu, pengguna Shopee dan followers setia Baim juga bisa menikmati promo belanja di Shopee Live Semua Diskon 50% dan Gratis Ongkir Rp 0 selama sesi live berlangsung. Ada juga ragam penawaran menarik di kampanye 9.9 Super Shopping Day yang sedang berlangsung saat ini.
Baim siap dan yakin untuk melakukan live streaming shopping di Shopee Live. Ia termotivasi karena berita pencapaian omzet serta order rekan-rekan artisnya yang fantastis. Nah, seperti apa keseruan live shopping Baim Wong? Tunggu kejutan malam ini!
(**CM/YUS)