Find Us On Social Media :

Omzet Penjualan Tembus Rp 5,5 M dalam 1,5 Jam, Richard Lee Pecahkan Rekor Shopee Live

By Sheila Respati, Sabtu, 2 September 2023 | 17:21 WIB

dr Richard Lee.

 

Grid.ID – Dokter spesialis kecantikan, Richard Lee, berhasil memecahkan rekor omzet penjualan live streaming di Shopee Live. Hal ini terjadi setelah dirinya membukukan omzet Rp 5,5 miliar hanya dalam 1,5 jam  live streaming di Shopee Live pada Jumat (1/9/2023).

Sebelumnya, beberapa artis papan atas, seperti Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Sarwendah, Aurel Hermansyah, Baim Wong, hingga Fuji Utami telah menjajal live streaming di Shopee Live.

“Nggak mau sombong sih, tapi kalau kami jualan 1 jam 30 menit selalu segini, gimana dong?,” ujar dr Richard dalam unggahan video di Instagram Story @dr.richard_lee, setelah melakukan live streaming di Shopee Live, Sabtu (2/9/2023).

Hasil luar biasa tersebut ia sampaikan sambil menunjukkan hasil penjualan yang diperolehnya di Shopee Live.

Dengan pembawaan yang edukatif, dr Richard dikenal selalu memberikan konsultasi gratis kepada para penontonnya. Tak mengherankan jika ia berhasil kembali mencetak rekor penjualan bersama Shopee Live.

Dalam setiap sesi live streaming, dr Richard selalu mengundang antusiasme luar biasa dari para pengguna Shopee. Seperti halnya sesi live streaming kali ini, ia sangat interaktif menjelaskan keunggulan masing-masing produk.

 

Sebagai pakar kecantikan, dr Richard selalu berupaya untuk mengedukasi masyarakat terhadap dampak negatif dari produk yang tidak sesuai dengan standar operasional dan belum memiliki sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Meski perjalanan dr Richard tidak selalu mulus dalam mengedukasi, tetapi ia tidak pernah lelah memperjuangkan kebenaran.

Adapun pada sesi Shopee Live kali ini, dr Richard menghadirkan konsultasi gratis untuk mengedukasi masyarakat dan membantu mereka menemukan produk terbaik dengan mudah di Shopee.

Lebih spesialnya lagi, berbagai produk skincare dan makeup yang menawarkan solusi bagi masing-masing kebutuhan kulit yang sudah diakui dan dikurasi langsung oleh dr Richard dihadirkan dengan promo spesial, yakni diskon 50 persen hanya di Shopee Live.

Selama sesi live streaming di Shopee Live, para calon pembeli saling berebut atau war untuk mendapatkan produk sesuai keinginan mereka.

Keseruan war tersebut terlihat mulai dari persiapan para penonton Shopee Live untuk check-out dari keranjang orange hingga teriakan hitungan mundur yang menandakan waktu sesi diskon dan ketersediaan produk menipis.

Perayaan itu sendiri semakin memeriahkan kampanye 9.9 Super Shopping Day yang sedang berlangsung di Shopee.

Kesetiaan para pengguna Shopee maupun penggemar setiap sesi live streaming menjadi alasan dr Richard untuk selalu kembali tebar diskon 50 persen di Shopee Live.

Hal tersebut juga menjadikan Shopee Live sebagai fitur unggulan pada peta persaingan live streaming.

Mengutip riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia,” Shopee Live menduduki posisi pertama (69 persen) pada indikator live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hasil ini jauh melampaui pesaing terdekatnya, TikTok Live sebesar 25 persen.

Tidak hanya itu, riset tersebut menyatakan, Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden. Unggul jauh dari pesaingnya, seperti TikTok Live yang ada di angka 25 persen.

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, porsi pangsa pasar dan transaksi di Shopee juga tinggi.

Pada indikator pangsa pasar, jumlah transaksi (share of order) Shopee berhasil mencatatkan transaksi tertinggi sebesar 56 persen dalam enam bulan terakhir. Hasil ini jauh melampaui TikTok Live yang hanya 30 persen.

Sementara itu, pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dengan mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen. Angka ini  jauh di atas TikTok Live yang hanya 31 persen.

Dengan fitur Shopee Live yang masih menduduki peringkat pertama dalam sebagian besar indikator peta persaingan fitur live streaming, diikuti kegigihan  para streamer yang terus unjuk gigi pada setiap sesi live menjadi hal yang sangat seru untuk disaksikan.

Keseruan tersebut juga dapat dilihat dari kehebohan episode untuk mencetak pencapaian baru yang masih belum selesai. Hal ini tentunya menjadi persaingan sehat yang dapat memberikan motivasi dan semangat.

Kira-kira akan ada sesi live seru apa lagi ya? Jika penasaran, ayo terus nantikan dan jangan lewatkan promo semua diskon 50 persen di Shopee Live, Belanja Paling Murah dan Paling Lengkap di Shopee! (Dwi Nur Hayati)