Grid.id - Kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga dan gaya hidup sehat meningkat semenjak pandemi.
Namun di sisi lain, menurut laporan National Sport Development Index 2022 Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara umum–terutama pada usia 30-60 tahun–masih terbilang rendah.
“Untuk membantu masyarakat meningkatkan kebugaran dan gaya hidup sehat, khususnya di bulan olahraga nasional, Tokopedia bersama belasan juta penjual menghadirkan lebih dari 1,8 miliar produk termasuk produk olahraga, dan makanan atau minuman sehat,” jelas Category Development Senior Lead Tokopedia, Ditra Putra Komala.
Transaksi produk olahraga di Tokopedia naik 2 kali; simak 5 tips hidup sehat!
“Tokopedia pun menggandeng sejumlah mitra strategis–dalam hal ini profesional di bidang kebugaran dan pelaku usaha lokal produk penunjang hidup sehat–untuk membagikan lima tips memulai gaya hidup sehat yang mudah diikuti. Tokopedia juga memberikan rekomendasi brand lokal yang menjual produk penunjang hidup sehat yang bisa jadi pilihan masyarakat,” kata Ditra.
Pilih jenis olahraga sesuai kebutuhan
Olahraga merupakan salah satu fondasi hidup sehat karena bisa meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan masyarakat adalah yoga. Instruktur Yoga, Alyssa Chairiena menjelaskan, “Yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, antara lain meningkatkan kualitas pernapasan, mendorong ketahanan tubuh, membantu fleksibilitas tubuh, melatih otot dan membuat tubuh menjadi lebih seimbang.”
Alyssa menambahkan, “Masyarakat yang baru memulai olahraga yoga, bisa memilih jenis yoga yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Misalnya, jika ingin meningkatkan kualitas pernapasan, lakukanlah latihan pranayama atau jika ingin memperkuat tubuh dapat melakukan asana seperti vinyasa yoga atau yin yoga.”
Gunakan pakaian dan peralatan olahraga yang nyaman
“Pakaian olahraga yang nyaman akan mendukung gerakan olahraga yang dinamis dengan baik. Selain itu, jadikan perlengkapan atau alat penunjang olahraga sebagai investasi. Seperti matras yoga yang tidak licin dan berbahan natural rubber, atau sepatu yang sesuai dengan olahraga yang biasa dilakukan,” ujar Ditra.
“Tokopedia mencatat produk yang berkaitan dengan olahraga voli, tenis, yoga dan pilates, badminton serta sepak bola dan futsal menjadi yang paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat,” tambah Ditra. (Sumber: Tokopedia, data 30 Juli-30 Agustus 2023 dibandingkan rata-rata bulanan pada kuartal II 2023).
Salah satu brand lokal di Tokopedia, LAICA Active, memberikan pilihan pakaian olahraga yang terjangkau, nyaman dan stylish serta menerapkan teknologi UV protection dan quick dry.
Baca Juga: Sambut Hari Pelanggan 2023: Tokopedia Ulas Inovasi Customer Experience
Co-founder LAICA Active, Jennifer Unjoto mengungkapkan, “Seluruh produk LAICA Active, 100% dibuat di Indonesia karena kami ingin memajukan industri olahraga tanah air, khususnya di bidang pakaian dan peralatan olahraga. Hingga saat ini, kami telah memberdayakan sekitar 50 penjahit dalam proses produksi.”
“Sejak bergabung dengan Tokopedia, kami merasa sangat terbantu untuk meningkatkan brand awareness. Penjualan kami bisa meningkat hingga lebih dari 250% dibandingkan sebelum mengikuti kampanye Tokopedia,” jelas Jennifer.
Ketahui waktu dan durasi berolahraga yang tepat
Untuk mendapatkan manfaat yang optimal saat berolahraga, penting untuk kita tahu waktu dan durasi olahraga yang baik bagi kesehatan.
World Health Organization (WHO) menganjurkan orang berusia 18-64 tahun untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu atau sekitar 30 menit hingga 1 jam per hari.
“Untuk olahraga seperti yoga, dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari sekitar 30-50 menit sebelum sarapan,” tambah Alyssa.
Rutin olahraga, imbangi dengan makanan bergizi seimbang
“Menjaga pola makan adalah salah satu kunci hidup sehat. Selain rutin berolahraga, kita sebaiknya juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang.
Di Tokopedia, makanan penunjang hidup sehat dalam hal ini protein dan energy bar mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat selama satu bulan terakhir,” jelas Ditra. (Sumber: Tokopedia, data 30 Juli-30 Agustus 2023 dibandingkan rata-rata bulanan pada kuartal II 2023)
Strive Indonesia adalah brand lokal di Tokopedia yang menawarkan makanan penunjang gaya hidup sehat dan olahraga, seperti energy bar atau gel dan mie goreng berprotein tinggi.
“Dalam menghadirkan produk, Strive Indonesia menggandeng food scientist dan sport nutritionist untuk memastikan komposisi gizi dan nutrisi pada setiap produk sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bahan baku yang kami gunakan juga hampir 100% berasal dari produsen dan supplier lokal,” jelas CEO dan Founder Strive Indonesia, Edo Bawono.
“Strive Indonesia terus berinovasi, misalnya dengan menghadirkan protein dan energy bar dengan rasa yang unik khas Indonesia seperti nasi uduk dan nastar. Kami juga berkomitmen pada kualitas, maka semua produk Strive Indonesia telah tersertifikasi halal dan terdaftar di BPOM RI,” tambah Edo.
Baca Juga: Hyperlocal Tokopedia Mendorong Tumbuh Kembang Penjual di Yogyakarta
Kelola kesehatan mental dengan berolahraga
Melansir Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), berolahraga dapat merawat kesehatan emosi serta mencegah gangguan depresi.
“Ketika berolahraga, tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memberikan energi positif bagi tubuh dan dapat memperbaiki mood kita,” kata Ditra.
Alyssa juga menambahkan, “Olahraga bermanfaat untuk kesehatan mental karena bisa membuat pikiran lebih tenang dan membantu mengurangi stres.”
“Untuk mempermudah masyarakat mengakses produk olahraga, Tokopedia berkolaborasi dengan sederet pelaku usaha di bidang olahraga melalui kampanye Tokopedia Sportacular Shopathon yang berisi sederet produk olahraga dengan diskon hingga 70%.
Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia NYAM! dimana masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman penunjang gaya hidup sehat dengan flash sale mulai dari Rp10.000,” kata Ditra.
“Tokopedia di sisi lain menghadirkan Proteksi Produk–termasuk untuk produk olahraga–yang bisa melindungi kerusakan fisik hingga kehilangan akibat perampokan selama 12 bulan sejak dibeli,” tutup Ditra.
(*)