Laporan Wartawan Grid.ID, Hana Futari
Grid.ID - Lazada sebagai platform e-commerce di Indonesia turut mendukung gerakan pemerintah untuk meningkatkan bisnis UMKM.
Demi meningkatkan bisnis UMKM, Lazada menyediakan berbagai fitur bagi para seller demi menaikan angka penjualan.
Tiga program ditawarkan Lazada sebagai e-commerce yang mendukung peningkatan bisnis UMKM yaitu Lazada University, Lazada Community serta program seller baru
"Lazada community merupakan program dimana kita inisiatif ajak seller bikin komunitas di berbagai kota," ujar Stefan Winata, Head of Seller Development and Sales Operations Lazada ditemui di acara Bincang UMKM Kompas.com bersama Lazada di kawasan Bintaro Tangerang Selatan, Rabu (20/9/2023).
"Itu agar kita bisa bikin networking dan saling belajar satu sama lain," lanjutnya.
Sementara itu program seller baru yang menguntungkan para penjual yang baru bergabung dengan Lazada.
"Untuk seller baru 0% komisi ke Lazada, selama 3 bulan, selain itu ada free program gratis ongkir selama 2 bulan," terangnya.
Senada dengan Lazada, Pemerintah juga turut mendukung kemajuan UMKM.
"Kalau pemerintah mau nggak mau harus komitmen harus bantu, mau berkembang mau kayak gimana kita bantu," ujar Bapak Wientor Rah Mada. Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP - KUKM SMESCO.
Baca Juga: Media Innity Bantu UMKM untuk Kembangkan Bisnis dari Sisi Ekosistem Digital
Wientor Rah Mada pun mengakui keunggulan Lazada dibanding platform digital lainnya.
"Kata kuncinya dibantu sama Lazada," ujarnya.
"Ini salah satu keunggulan yang tidak dipunya platform lain kedekatan Lazada dengan seller," tutupnya.
Seperti diketahui, UMKM sendiri merupakan tulang punggung bagi perekonomian nasional.
Namun miris, tak sedikit dari pelaku usaha masyarakat menengah ke bawah justru belum bisa menaikkan bisnisnya secara maksimal.
(*)