Grid.ID – Saat ini, platform e-commerce telah membuka peluang bisnis bagi banyak orang, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.
Pengusaha sepatu asal Bogor, Ricco Antonius, menjadi salah satu pelaku UMKM yang sukses mendulang rezeki di platform e-commerce. Melalui toko yang diberi nama Patris Official, Ricco berhasil mengembangkan bisnisnya secara pesat hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.
“Saya memulai bisnis sepatu saat pandemi. Awalnya, saya sendiri agak bingung. Lagi pandemi, orang-orang kan harus di rumah, tapi kok malah bikin bisnis sepatu?” cerita Ricco, Selasa (10/10/2023).
Namun, dilema yang dialami Ricco tak berlangsung lama. Menyadari bahwa masyarakat Indonesia mulai beralih ke belanja online, Ricco memutuskan untuk menjual sepatu secara online melalui platform Shopee.
Baca Juga: Jutaan Produk Batik UMKM Tembus Pasar Ekspor bersama Shopee, Didiet Maulana Kagum!
Alasan Ricco memilih berjualan di Shopee adalah karena platform tersebut memiliki jangkauan pembeli yang sangat luas. Menurut Ricco, pengguna Shopee di Indonesia sangat banyak, sehingga produknya berpotensi dilihat banyak masyarakat Indonesia.
“Kami yakin kalau Shopee dapat mendatangkan banyak pembeli untuk toko kami. Dari segi aplikasi untuk penjual, Shopee juga sangat mudah untuk digunakan,” jelas Ricco.
Toko Patris Official milik Ricco pun berkembang pesat selama tiga tahun terakhir. Bahkan, dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan, Patris Official berhasil menaikkan status, dari toko dengan badge Star Seller menjadi Star+ Seller di platform tersebut.
Tidak hanya itu, Patris berhasil memperoleh badge Shopee Mall hanya dalam waktu kurang dari satu tahun setelahnya. Untuk diketahui, badge ini merupakan kategori tertinggi untuk penjual di Shopee.
Baca Juga: Dukung Batik Mendunia, Shopee Pertegas Komitmen Tingkatkan Ekspor UMKM Lokal
“Keberhasilan tersebut tentunya didorong oleh penjualan yang konsisten, penilaian toko yang tinggi, dan respons cepat kami terhadap pertanyaan pembeli,” ujar Ricco.
Tak kalah penting, kata Ricco, semangat yang konsisten untuk berkembang, berinovasi, dan meningkatkan kualitas produk menjadi kunci untuk dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat.
Go global bersama Shopee Ekspor
Usai meraih berbagai pencapaian positif di dalam negeri bersama Shopee, Ricco kemudian mendaftarkan Patris Official ke Program Ekspor Shopee. Langkah ini dilakukan untuk memperkenalkan produknya hingga ke pasar global.
Program Ekspor Shopee terbukti membawa manfaat besar bagi Patris Official. Dalam satu tahun terakhir, Patris Official berhasil mengekspor produknya ke Malaysia dan Singapura.
Baca Juga: Shopee Live Tingkatkan Omzet Penjualan, Dukung UMKM Capai Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan
Ricco mengatakan, proses ekspor melalui Program Ekspor Shopee pun cukup mudah. Pasalnya, timnya hanya perlu mengirim pesanan ke gudang ekspor Shopee tanpa perlu mengurus perizinan dan bea cukai.
“Meski saat ini Patris Official masih lebih fokus pada pasar lokal di Shopee, kami memiliki rencana untuk aktif dalam menjelajahi pasar ekspor ke negara lain di masa depan,” kata Ricco.
Dedikasi Ricco dalam mengembangkan bisnis sepatu miliknya dapat menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lokal yang ingin mengembangkan bisnis secara online, baik di pasar lokal maupun internasional.
Kesuksesan Patris Offcial juga diharapkan dapat membuka jalan bagi UMKM lain untuk mendunia, yang sejalan dengan fokus pemerintah untuk meningkatkan ekspor dalam negeri.
Terlebih, pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Ekspor yang berfokus pada UMKM di Indonesia.
Satgas tersebut berfokus untuk melakukan pengembangan pasar ekspor dan menetapkan strategi peningkatan peran ekspor UMKM, termasuk mengintegrasikan UMKM ke dalam ekosistem penyedia ekspor nasional.
(**CM/YUS)