Grid.ID - SM Entertainment telah mengatasi masalah mereka dan merek yang sebelumnya terkait dengan NCT DREAM.
Dilansir dari Soompi, Selasa (31/10/2023), pada tanggal 30 Oktober, SM Entertainment merilis pernyataan yang memperingatkan para penggemar tentang kejadian baru-baru ini yang diumumkan oleh sebuah merek, yaitu TEDDY ISLAND, yang terjadi tanpa persetujuan agensi atau diskusi sebelumnya.
Berikut pernyataan lengkap SM Entertainment:
"Halo. Ini adalah SM Entertainment.
Kami ingin mengatasi masalah baru-baru ini dengan merek ‘TEDDY ISLAND’, dimana NCT DREAM sebelumnya bertindak sebagai model iklan.
Pada tahun 2022, perusahaan kami menandatangani kontrak model periklanan dengan TEDDY ISLAND dan melakukan pembuatan film iklan dengan NCT DREAM." tulis SM Entertainment.
Dalam pernyataan tersebut, SM Entertainment pun membongkar kebobrokan TEDDY ISLAND dalam memenuhi tanggung jawab sebagai merek yang bekerja sama dengan NCT DREAM.
Tak hanya sekali, ada beberapa permasalahan yang dilakukan oleh TEDDY ISLAND seperti melakukan event secara sepihak dan tidak memenuhi biaya penampilan.
"Namun, TEDDY ISLAND tidak memenuhi biaya penampilan model yang disepakati meskipun kami berulang kali meminta pembayaran.
Selain itu, mereka terus menggunakan potret para seniman dalam aktivitas komersial mereka tanpa melakukan pembayaran apa pun.
Pada bulan Mei 2023, TEDDY ISLAND secara sepihak mengumumkan acara fansign tanpa mencapai kesepakatan akhir dengan kami, sehingga tidak mungkin bagi kami untuk melanjutkan acara tersebut," lanjut SM Entertainment.
Baca Juga: NCTzen Bersiap! NCT 2023 Bakal Comeback dengan Formasi Lengkap, Catat Tanggalnya!
Dengan permasalahan tersebut, SM Entertainment pun berusaha untuk menghentikan dan meminta TEDDY ISLAND untuk menggunakan gambar serta materi iklan artis tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Namun sayang, merek dagang tersebut tetap menggunakan gambar para artis tanpa izin hingga saat ini.
"Setelah itu, pada bulan Juni 2023, untuk melindungi artis kami dan mencegah kebingungan lebih lanjut di kalangan penggemar, kami meminta TEDDY ISLAND untuk segera menghentikan penggunaan gambar dan materi iklan artis kami dan kami secara resmi memberi tahu mereka tentang penghentian kontrak model iklan."
"Meskipun demikian, TEDDY ISLAND terus menggunakan gambar para artis di situs web mereka dan materi iklan mereka tanpa izin bahkan hingga saat ini. Selain itu, TEDDY ISLAND hanya mengirimkan sebagian dari biaya penampilan model setelah pemutusan kontrak.
Setelah ini, mereka secara tidak adil mengklaim bahwa perusahaan kami adalah pihak yang melanggar kontrak dan baru-baru ini, TEDDY ISLAND bahkan mengumumkan acara pre-order yang menampilkan kartu foto dan merchandise yang menampilkan nama dan gambar artis kami tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan kami.
Untuk mencegah kerugian lebih lanjut terhadap artis dan penggemar kami, kami harus segera mengeluarkan pernyataan balasan terkait pengumuman acara pre-order TEDDY ISLAND pada tanggal 18 Oktober 2023," ujar SM Entertainment.
Lebih lanjut, SM Entertainment menyatakan bahwa kegiatan yang saat ini dipromosikan di situs web TEDDY ISLAND tidak memiliki afiliasi dengan SM Entertainment.
"Dalam upaya untuk menyelesaikan masalah ini semaksimal mungkin, kami awalnya mengajukan beberapa proposal kepada TEDDY ISLAND, termasuk dimulainya kembali acara fan sign yang dibatalkan untuk para penggemar yang telah menantikan fan sign dengan NCT DREAM.
Namun, terlepas dari upaya kami, TEDDY ISLAND secara konsisten mengalihkan tanggung jawab atas pemutusan kontrak ke perusahaan kami dan terus mengajukan tuntutan yang tidak masuk akal bahkan hingga saat ini. Sayangnya, kita kini telah mencapai titik di mana negosiasi lebih lanjut tidak lagi memungkinkan.
Kami ingin mengklarifikasi bahwa acara terkait NCT DREAM yang saat ini diumumkan dan dipromosikan di situs web TEDDY ISLAND dan platform lainnya tidak memiliki afiliasi dengan perusahaan kami, dan kami menyarankan para penggemar untuk berhati-hati sehubungan dengan informasi ini untuk mencegah kerugian lebih lanjut. Terima kasih." ungkap SM Entertainment.
(*)