Find Us On Social Media :

Brand Parfum Lokal Racikan Mahasiswa Sabet Penghargaan Super Growing UMKM di Shopee Awards 2023

By Yussy Maulia, Selasa, 13 Februari 2024 | 08:00 WIB

Koleksi parfum Heura.

Grid.IDBisnis parfum merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi besar. Pasalnya, produk ini menjadi kebutuhan sehari-hari dan selalu diminati banyak orang.

Apalagi, belakangan ini bisnis parfum lokal bertumbuh pesat. Ini karena banyak brand parfum lokal yang mampu membuktikan kualitasnya, tetapi dengan harga yang relatif terjangkau.

Peluang bisnis parfum lokal ditangkap oleh Given Susanto dan William Gomarga, dua mahasiswa asal Jakarta yang sukses membangun bisnis parfum lokal bernama Heura sejak April 2022.

Sebagai informasi, Heura berhasil menyabet penghargaan Shopee Awards 2023 untuk kategori Super Growing UMKM. Penghargaan ini membuktikan keseriusan Given dan William dalam mengembangkan bisnis mereka.

“Dari dulu saya memang suka parfum. Namun, saya melihat parfum-parfum desainer di pasaran kok terlampau mahal untuk sebagian orang. Akhirnya, saya dan William putuskan untuk membangun Heura,” cerita Given usai menerima penghargaan Shopee Super Awards 2023.

Baca Juga: Aroma Parfum yang Cocok untuk 5 Shio Ini, yuk Temukan Wangi yang Pas Buat Kamu!

Pada kesempatan tersebut, Given juga menceritakan bahwa awalnya, anggaran yang mereka miliki cukup terbatas karena keduanya masih berstatus mahasiswa.

Namun, mereka tetap berkomitmen untuk menghasilkan racikan parfum yang berkualitas. Untuk mewujudkan itu, mereka juga melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat Indonesia.

“Karena anggaran kami terbatas pula, kami memutuskan untuk membuka penjualan secara online dahulu. Kami pun mendapat respons positif dari para pembeli,” cerita Given.

Platform penjualan yang pertama kali dipilih oleh Given dan William untuk mendirikan toko online Heura adalah Shopee. Menurut Given, keputusan itu diambil karena Shopee menjadi salah satu top of mind e-commerce di Tanah Air.

“Kami ingin branding Heura lebih eksklusif, sehingga Shopee dianggap sebagai platform yang lebih sesuai. Shopee juga mampu memberikan kenyamanan belanja online,” jelas Given.

Dalam mengembangkan bisnisnya di Shopee, Given dan William tak henti berinovasi untuk meningkatkan kualitas produk, serta dibarengi dengan strategi pemasaran yang kuat. Upaya ini pun membuahkan hasil.

“Keberhasilan ini tecermin dari peningkatan penjualan yang signifikan. Kami berhasil menjual ratusan produk di satu bulan pertama sejak (toko online Heura) didirikan. Bahkan, saat ini, penjualan kami mencapai puluhan ribu produk setiap bulan dengan pertumbuhan year-on-year sekitar 150-200 persen,” tutur Given.

Tak hanya sukses dari sisi penjualan, Heura juga berhasil memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan membuka lapangan kerja bagi 35 warga lokal.

Oleh karena itu, tak heran jika kesuksesan Heura dalam menarik perhatian masyarakat dan mencapai perkembangan bisnis yang pesat menjadikan brand parfum lokal ini dinobatkan sebagai Super Growing UMKM dalam Shopee Super Awards 2023.

“Jujur, kami tidak menyangka bisa mendapatkan penghargaan ini karena yang kami lakukan selama ini cuma fokus mempelajari target market kami dan juga belajar bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur di Shope, seperti iklan, voucher, dan program-program lain yang membantu penjualan Heura hingga sampai ke titik ini,” ujar Given.

Shopee Super Awards 2023 sendiri, merupakan ajang penghargaan kepada pihak dan figur yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama Shopee dalam satu tahun terakhir.

Selain UMKM, penghargaan juga ditujukan bagi mitra brand, mitra seller, partner, dan konten kreator melalui 33 kategori penghargaan Shopee Super Awards 2023.

(**CM/YUS)