Grid.ID – Industri fesyen selalu berganti dan berubah dengan cepat. Para perancang busana dan merek harus selalu beradaptasi agar tetap relevan dan bersaing di pasar yang terus berubah.
Namun, aturan tersebut seolah tidak berlaku untuk gaya streetwear. Di dunia streetwear, aturan mode yang kaku seperti "mencocokan warna" atau "pakaian formal hanya untuk acara-acara khusus" seolah tidak berlaku.
Alih-alih mengikuti mode konvensional, gaya streetwear justru mengutamakan kreativitas dalam berpakaian. Bahan-bahan yang digunakan dalam streetwear pun lebih beragam, termasuk denim, hoodie, jaket bomber, dan sepatu olahraga yang nyaman.
Di Indonesia, gaya streetwear pun mulai digemari kawula muda. Salah satunya, musisi perempuan bernama SIVIA dan Founder Sepatu Kanky Alfonsus Ivan.
Dikutip dari talkshow Shopee 3.3 Grand Fashion Sale, keduanya hadir untuk membagikan pandangan tentang maraknya tren asal Amerika Serikat (AS) ini.
Menurut SIVIA, meningkatnya pamor tren streetwear di Indonesia tak lepas dari kreativitas brand fesyen lokal dalam berinovasi menciptakan berbagai lini produk berkualitas dengan harga yang terjangkau.
“Setelah mencoba banyak gaya fesyen yang berbeda-beda sejak masa remaja, kini aku lebih nyaman mengeksplorasi gaya streetwear dengan nuansa feminin melalui hijab, serta sentuhan sporty dari kegemaran mengoleksi sneakers,” ujar SIVIA.
Baca Juga: Shopee Kembali Hadirkan 3.3 Grand Fashion Sale, Soroti Tren Gaya Streetwear yang Makin Diminati
Selain itu, kehadiran platform e-commerce, seperti Shopee, turut berperan signifikan. Lengkapnya variasi brand fesyen yang hadir di Shopee, membuat para pengguna memiliki akses yang luas dalam mencari produk fashion lokal berkualitas.
“Shopee sebagai salah satu wadah utama bagi penggemar fesyen untuk berbagi inspirasi dan referensi gaya fashion terkini,” ungkapnya.
Dalam waktu dekat, SIVIA berencana akan memanfaatkan kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale untuk menambah koleksi pakaian dan aksesori untuk manggung, siaran, endorsement, dan hangout.
“Aku rencananya juga bakal mantengin live shopping dari brand fesyen favorit aku di fitur Shopee Live dan Shopee Video. Apalagi, saat ini di keranjang orange aku sudah menanti banyak sekali produk fesyen dan aksesori karya brand lokal yang ingin segera aku check-out!”, pungkas SIVIA.
Sementara itu, Founder SepatuKanky Alfonsus Ivan mengatakan, sebagai seorang pebisnis, tidak dimungkiri bahwa tren fesyen juga menjadi komponen yang penting dalam membuat desain sepatu.
Salah satu gaya yang lekat dengan sneakers adalah tren streetwear yang popularitasnya terus meningkat, khususnya di kalangan anak muda.
Baca Juga: Beli dan Review Produk Lancome di Shopee Mall, Kamu Bisa Menangkan Wisata Gratis di Paris!
“Menurut saya, gaya berpakaian streetwear adalah salah satu gaya yang paling mendukung seseorang untuk berpakaian sesuai dengan jati diri mereka dan sangat mengedepankan kenyamanan,” ungkapnya.
Memahami tingginya minat masyarakat terhadap gaya berpakaian streetwear, SepatuKanky pun menghadirkan dua tipe koleksi sepatu, yakni fashion dan sport style.
Untuk menjawab kebutuhan konsumen, Alfonsus mengaku, Kanky kini fokus berjualan secara online melalui platform e-commerce Shopee.
Dengan berjualan di Shopee, ia bisa memanfaatkan kampanye tematik, fitur interaktif, serta Garansi Tepat Waktu untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih baik kepada konsumen.
Berkat berbagai dukungan dari Shopee, Kanky berhasil mengalami peningkatan transaksi hingga 110 persen pada awal 2024. Jumlah ini naik signifikan dibandingkan dengan awal 2023,” tambah Alfonsus.
Fitur utama Shopee yang dirasa besar manfaatnya bagi Kanky adalah Shopee Live. Alfonsus menyebut, fitur ini berhasil membantu Kanky untuk menawarkan pelayanan yang lebih interaktif untuk pengguna.
“Fitur ini sangat berguna untuk brand fesyen seperti Kanky, di mana konsumen perlu melihat produk dengan lebih detail sehingga membantu pengguna menentukan keputusan saat berbelanja,” tuturnya.
Sejalan dengan pemaparan Alfonsus dan SIVIA, Director of Business Growth Shopee Indonesia Adi Rahardja yang hadir sebagai pembawa acara mengatakan, meningkatnya minat masyarakat terhadap produk fesyen streetwear juga terlihat di Shopee.
“Kategori fesyen selalu mendapatkan antusiasme tinggi dari pengguna. Untuk itu, Shopee menggelar kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale untuk memanjakan konsumen dan memotivasi para pemilik brand lokal,” ungkapnya.
Terkait Kampanye 3.3 Grand Fashion Sale, Adi mengatakan bahwa hari puncak kampanye ini akan digelar pada Minggu (3/3/2024).
“Di hari tersebut, Shopee telah menyiapkan sejumlah penawaran spesial yang dapat dinikmati untuk berbelanja beragam produk fashion terkini selama satu hari penuh!,” tambahnya.
Terdapat tiga program yang disebut Adi sayang untuk dilewatkan. Pertama, Gratis Ongkir Rp 0 Semua Toko tanpa minimal belanja sepanjang hari puncak kampanye.
Kedua, Dijamin Diskon 50 persen, konsumen akan mendapat voucher tambahan diskon 50 persen pada pukul 00.00, 12.00, dan 20.00 WIB sepanjang puncak kampanye.
Ketiga, Checkout Fashion Gratis. Konsumen berkesempatan mendapatkan koleksi produk fashion pilihan seharga Rp 1 sepanjang puncak kampanye.