Laporan wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID - Menyambut Hari Perempuan Internasional 2024 yang jatuh pada 8 Maret mendatang, Tokopedia menggelar konferensi pers bersama para pelaku usaha perempuan lokal yang inspiratif.
Digelar secara virtual, Tokopedia mengajak dan membagikan kisah sukses para perempuan dalam membangun brand lokalnya, yaitu Mambucha, M231, dan Kumala Home and Kitchen.
Banyak daerah yang memiliki kenaikan signifikan dalam pelaku usaha perempuan.
Yang menarik, tidak sedikit juga di antara mereka yang turut membantu masyarakat sekitar dengan memberdayakan sebagai karyawan.
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI menyebut bahwa jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahun.
Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar.
Sementara itu, Tokopedia juga mencatat lima wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia.
"Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023, jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, dalam konferemsi pers, Rabu (6/3/2024).
Sedangkan untuk subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu perawatan hewan, buku, perlengkapan pesta, pertukangan, dan perlengkapan alat tulis kantor dan sekolah.
Lebih lanjut, Tokopedia juga mencatat beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, meliputi Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado, dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.
Baca Juga: Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Produk Otomotif Sepanjang 2023, Tiga Jenis Mobil Ini Laris Manis
Adapun perawatan hewan, makanan dan minuman, serta perlengkapan pesta merupakan subkategori dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli Tokopedia.
“Beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu perawatan hewan, buku, perlengkapan pesta, pertukangan, serta lerlengkapan alat tulis Kantor dan sekolah,” jelas Rizky.
Lebih lanjut, Tokopedia mendukung pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan.
Oleh karena itu, Tokopedia memberikan literasi digital untuk perempuan agar lebih memperluas usaha lokalnya.
"Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar para perempuan bisa semakin maju, sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital,” ucap Rizky.
Adapun salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan digital kepada perempuan pelaku usaha lokal.
“Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” jelas Rizky.
Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Tokopedia juga meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller.
Kegiatan tersebut membantu memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan bagi perempuan pelaku usaha.
Ada banyak topik pembahasan dalam kegiatan ini, di antaranya soal 'Langkah Awal Pemberdayaan Bisnis Usaha Perempuan.
Agar para pelaku usaha di Indonesia, termasuk perempuan pelaku UMKM lokal bisa mempersiapkan bisnis dengan lebih baik jelang saat bulan Ramadan 2024, Tokopedia juga memiliki kurikulum #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller.
Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Fitur Baru 'Ambil di Tempat', Gabungkan Pengalaman Belanja Online dan Offline
Di sini, para pelaku usaha bisa mempersiapkan dalam rangka menyambut kampanye Ramadan Ekstra Seru.
Kampanye ini berlangsung hingga 5 April 2024 di aplikasi atau situs Tokopedia serta Shop Tokopedia di aplikasi TikTok.
(*)