Find Us On Social Media :

Transaksi Penjualan Lewat Shopee Live Meningkat 44 Kali pada Waktu Sahur

By Sheila Respati, Kamis, 4 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi penjual e-commerce sedang melakukan live shopping.

Grid.ID – Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2024, Shopee Indonesia menemani momen Ramadan dan persiapan Idulfitri. Kampanye tersebut dimulai pada Senin (25/3/2024) dan telah mencapai puncaknya pada Senin (1/4/2024).

Sepanjang kampanye Big Ramadan Sale 2024, Shopee menghadirkan promo-promo dan program penjualan yang menarik dengan memanfaatkan fitur interaktif. Salah satunya, Shopee Live.

Nah, menariknya, Shopee mencatatkan sebuah rekor yang menujukkan bahwa jual beli interaktif di platform e-commerce semakin disukai konsumen. Tak hanya itu, catatan Shopee menunjukkan bahwa selama Ramadan, waktu sahur menjadi momen yang difavoritkan konsumen untuk berbelanja di e-commerce.

Pada puncak Big Ramadan Sale 2024, pembelian melalui Shopee Live di waktu sahur, yakni mulai pukul 03.00 WIB, meningkat 44 kali lipat dibanding waktu yang sama di hari biasa.  

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menjelaskan, pengalaman interaktif dan konten promosi audiovisual mendorong transaksi pembelian. Pasalnya, penjualan melalui Shopee Video dan Shopee Games juga turut meningkat.

“Interaksi yang dapat dinikmati oleh pengguna melalui berbagai fitur kami, seperti Shopee Live hingga Shopee Video masih menjadi daya tarik utama dalam perjalanan belanja online pengguna Shopee pada Ramadan tahun ini,” kata Monica.

Ia mengatakan, meningkatnya animo dari masyarakat untuk berbelanja melalui Shopee Live dan Video selama Ramadan juga tak lepas dari program menarik yang juga dihadirkan Shopee pada dua fitur itu.

Sebagai informasi, Shopee menghadirkan program MARKAS yang disiarkan setiap waktu ngabuburit. Kemudian, masih ada sesi Flash Sale Mobil dan Motor Rp 1 hingga diskon-diskon yang dibagikan brand pada waktu sahur.

“Kami senang melihat antusiasme selama Big Ramadan Sale. Program-program Shopee seperti flash sale pada jam tertentu hingga kolaborasi para pelaku usaha dalam fitur Shopee Live dan Video memberi pengaruh signifikan bagi kesuksesan kampanye Big Ramadan Sale 2024,”  lanjut Monica.

Selain diketahui bahwa terjadi peningkatan transaksi pembelian sebanyak 44 kali pada waktu sahur, terdapat temuan menarik lainnya. Shopee menemukan bahwa akumulasi durasi seluruh pengguna menonton Shopee Live selama Big Ramadan Sale 2024 mencapai 68 juta jam.  Adapun produk-produk yang banyak dicari pada Shopee Live dan Video adalah sarung, cepol hijab, biskuit kaleng, dan makeup cushion.

Pada puncak Big Ramadan Sale 2024, flash sale melalui Shopee Live yang dipandu deretan artis ternama ditonton sebanyak 228 juta kali. Di kategori Shopee Games, diketahui bahwa Shopee Tanam Hujan Rezeki (THR) menjadi in-app game favorit konsumen pengguna Shopee. Game tersebut memberi hadiah koin Shopee dan voucher diskon. Sebanyak 31 juta pohon THR sudah dipanen.

Shopee Live dan Video buka peluang untuk pebisnis

Tak hanya konsumen, seller juga menggemari fitur Shopee Live dan Video. Dua fitur interaktif tersebut dinilai memberi peluang pengembangan usaha. Ditambah promo tiga kali sehari dan program-program menarik yang diadakan Shopee, penjual dapat meningkatkan jumlah penjualan dan omzet.

Sepanjang Big Ramadan Sale 2024, jumlah produk yang dipromosikan melalui Shopee Live meningkat lebih dari lima kali lipat dibanding tahun lalu. Pesanan yang didapatkan seller melalui Shopee Video juga meningkat 40 kali lipat dibanding pada puncak kampanye tahun lalu.

Keuntungan dari penggunaan Shopee Live dan Video dirasakan oleh brand fashion lokal, M231. Brand tersebut berhasil mencatatkan peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 40 kali lipat pada puncak Big Ramadan Sale 2024. Peningkatan pesanan terjadi untuk koleksi kolaborasi Ramadan terbarunya.

Monica kembali menjelaskan, Shopee mendedikasikan fitur interaktif dan promo menarik selama Ramadan untuk membantu pengusaha, khususnya pengusaha lokal, untuk dapat berkembang. Bagi pengguna, mereka bisa mendapatkan keberkahan selama bulan suci.

“Tentunya, pencapaian luar biasa ini tak terlepas dari dukungan dan sinergi dari seluruh ekosistem Shopee yang terus berinovasi menciptakan dampak positif yang luas. Semoga kampanye ini dapat terus memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan ragam kebutuhan menyambut Idulfitri,” tutup Monica.

Kemeriahan Shopee Big Ramadan Sale 2024 dalam menyambut Hari Kemenangan tidak akan berhenti sampai disini saja dan masih bisa dinikmati hingga 11 April 2024 untuk membantu pengguna yang masih memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi.

Puncak kampanye Big Ramadan Sale 2024 juga masih akan berlangsung kembali di tanggal 4 April 2024 dengan penawaran yang tidak kalah menarik, seperti Shopee Barokah THR 10M, Gratis Ongkir Rp0, dan Termurah di Shopee Ekstra Voucher 50%.

Simak kejutan lainnya dan informasi lebih lanjut mengenai Big Ramadan Sale 2024 di https://shopee.co.id/m/big-ramadan-sale. (**CM/SHE)