Grid.ID – Penggemar sepak bola Tanah Air tentunya tidak asing dengan turnamen yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Seluruh Asia Tenggara (AFF), yakni Piala AFF.
Pada 2010, Indonesia dan Vietnam menjadi tuan rumah turnamen sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara ini. Saat itu, turnamen bernama AFF Suzuki Cup. Timnas Indonesia pun menorehkan catatan prestasi yang gemilang dengan menjadi juara grup A dan melaju ke babak final.
Tahun ini, Piala AFF akan kembali bergulir dengan nama Asean Cup. AFF menggandeng raksasa e-commerce, Shopee. Oleh karena itu, turnamen tersebut akan bertajuk Shopee Club Asean Club Championship 2024-2025 atau Shopee Cup™.
Shopee Cup™ akan mempertemukan klub-klub ternama dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar. Sebagai informasi, dukungan Shopee terhadap sepak bola bukan pertama kalinya diberikan pada tahun ini. Sebelumnya, Shopee telah menjadi sponsor utama Liga 1 Indonesia.
Chief Commercial Officer (COO) Shopee, Zhou Jun-jie mengatakan bahwa pihaknya bangga bisa kembali mendukung dunia olahraga dan bermitra dengan AFF menggelar turnamen bergengsi se-Asia Tenggara ini.
“Kami senang bisa bermitra dengan AFF sebagai sponsor utama dari pelaksanaan perdana Asean Cup. Kerja sama dalam pelaksanaan Shopee Cup™ menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan penggemar sepak bola di seluruh wilayah Asia Tenggara. Kami juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda,” ujar Zhou, Jumat (5/4/2024).
Ia melanjutkan, Shopee berharap dapat memperluas jangkauan sambil menghibur dan memberi pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen.
Pada kesempatan yang sama, Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth mengatakan bahwa kerja sama dengan Shopee akan menjadi hal bersejarah bagi sepak bola Asean.
Menurutnya, Shopee Cup™ dapat memupuk aspirasi kub-kub terkemuka di kawasan Asia Tenggara untuk sukses di Asia. Selain itu, transformasi permainan akan terjadi di Asean sehingga masa depan persepakbolaan di Asean akan lebih cerah.
“Bersama-sama kita buat sejarah seiring pembentukan dan percepatan perkembangan klub-klub sepak bola di Asia Tenggara. Kami sangat bangga bisa bermitra dengan Shopee sebagai perusahaan lokal Asean yang sudah mengglobal,” ujarnya.
Berlangsung mulai Juli 2024