Find Us On Social Media :

Tempuh 1.500 km, Lombok Charity Ride 2024 Berhasil Galang Dana Rp 400 juta untuk Para Guru di Lombok

By Yussy Maulia, Selasa, 4 Juni 2024 | 16:03 WIB

Grean Fly Cycling Team, Perkumpulan IOA, dan 19 pesepeda yang tergabung dalam Lombok Charity Ride 2024.

Grid.ID – Pada Sabtu (1/6/2024), sebanyak 19 pesepeda tiba Kantor Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka adalah peserta dari Lombok Charity Ride 2024 yang telah menggowes sejauh 1.500 km dari Jakarta.

Untuk diketahui, Lombok Charity Ride 2024 merupakan acara gowes bersama sekaligus penggalangan dana yang diselenggarakan oleh Grean Fly Cycling Team bersama Perkumpulan Indonesian Overseas Alumni (IOA).

Sebagai informasi, titik awal perjalanan para pesepeda dimulai dari OCBC Tower, Jakarta Selatan, pada Sabtu (25/5/2024). Dengan demikian, pesepeda tersebut menempuh perjalanan selama delapan hari dari Jakarta-Lombok.

Rute pun dibagi menjadi delapan etape, yaitu Jakarta, Cirebon, Ajibarang, Kebumen, Yogyakarta, Sragen, Pasuruan, Banyuwangi, Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Gilimanuk, Padang Bai, Pelabuhan Senggigi, dan Lombok Utara.

Baca Juga: Mengenal Aceh Melalui Gowes Sepeda, Pre Event Aceh Cycling Tourism Jelajah 3 Kota, Sambangi Keindahan Alam dan Mengenal UMKM di Serambi Mekkah

Ketua panitia Lombok Charity Ride 2024 Adrie Evril mengatakan, tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah menggalang dana untuk mendukung program pelatihan bagi 1.500 guru dan kepala sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lombok Utara.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggaungkan kepedulian akan pentingnya kebangkitan pendidikan yang berkualitas, ekonomi yang kuat, dan destinasi pariwisata kelas dunia di Lombok Utara,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Grid.ID, Selasa (4/6/2024).

Terhitung sejak Maret 2024, Lombok Charity Ride 2024 berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 425.000.000. Penggalangan dana ini akan ditutup pada akhir Juni 2024.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif IOA Tanti Sugiharti Singgih pun menegaskan komitmen pihaknya untuk meneruskan program Lombok Bangkit melalui pelatihan bagi guru dan kepala sekolah di Lombok Utara.

Baca Juga: Masya Allah, Tengok Kisah Inspiratif Warga Lampung Naik Sepeda 7 Bulan ke Mekkah, Senyum Sumringah Saat Tiba di Tanah Suci

“Saat ini, jumlah guru yang sudah kami latih sebanyak kurang lebih 1.200 orang dan akan kami tuntaskan sebanyak 1.500 orang di tahun ini,” ujar Tanti.

Diikuti oleh pesepeda legendaris