Find Us On Social Media :

Tren Belanja Lewat Live Streaming Meningkat, Survei IPSOS: Shopee Live Masih Jadi Favorit Brand Lokal dan UMKM

By Yussy Maulia, Rabu, 12 Juni 2024 | 12:05 WIB

Ilustrasi melakukan penjualan produk lewat fitur live streaming.

Grid.ID – Tren belanja melalui live streaming semakin diminati masyarakat. Tak heran, pemain e-commerce besar di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang dapat memberikan kepuasan belanja bagi konsumen.

Sejumlah e-commerce juga terbukti mampu memberikan pengalaman transaksi yang optimal bagi penjual. Hal ini dibuktikan melalui survei yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar IPSOS pada 2023 berjudul “Tren Live Streaming e-Commerce bagi Penjual”.

Untuk diketahui, survei tersebut juga dirilis untuk menggambarkan keadaan pasar digital, termasuk fitur live streaming untuk berbelanja, selama periode kuartal ketiga 2023.

Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi platform live streaming yang menjadi pilihan utama brand lokal dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga: Kisah Sukses Alice Norin dan Nella’s Style Manfaatkan Shopee Live Untuk Perkuat Potensi Bisnis dan Raih Keuntungan Maksimal

Survei pun menggunakan beberapa indikator. Pertama, indikator Top of Mind, yang mana Shopee memperoleh persentase 77 persen. Sementara itu, TikTok Live yang juga menyediakan fitur live streaming untuk belanja, mencetak angka persentase 19 persen.

Indikator kedua adalah Brand Used Most Often (BUMO). Pada indikator ini, Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72 persen. Sedangkan TikTok Live meraih persentase 26 persen.

Lalu, indikator ketiga adalah Market Share. Kembali mendominasi, Shopee Live menjadi platform yang paling banyak dipilih pelaku bisnis karena dinilai paling menguntungkan, dengan persentase 82 persen. Di sisi lain, TikTok Live meraih persentase sebesar 18 persen.

Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan, survei tersebut menunjukkan bahwa Shopee Live mampu mempertahankan keunggulannya bagi penjual di tengah tantangan digital yang semakin dinamis.

“Jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya,” kata Andi dalam keterangan tertulis yang diterima Grid.ID, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Shopee Live Hadir Lebih dari 60 Jam bersama Mami Louisse, Ada Flash Sale Mobil dan Motor Rp 6 Ribuan!

Turut dipengaruhi oleh aspek penting