Find Us On Social Media :

UMKM dan Brand Lokal Sukses di Pasar E-Commerce, Begini Perjalanan Shopee Membantu UMKM Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal 2024

By Content Marketing ADV, Jumat, 14 Juni 2024 | 14:00 WIB

Ilustrasi berbelanja online

 

Grid.ID – Berbelanja online melalui platform e-commerce kini lumrah dilakukan banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia.

Tidak hanya efisien dari segi waktu dan biaya bagi konsumen, platform e-commerce juga berhasil membuka peluang baru bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga brand lokal agar lebih dikenal sekaligus memperluas jangkauan pasar.

Tren jual beli melalui e-commerce juga berhasil membawa nafas baru bagi perekonomian Indonesia.

Dilansir dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM), kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia telah mencapai 61 persen  dari Pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Perubahan perilaku konsumen bukanlah satu-satunya faktor yang mendorong pertumbuhan UMKM dan brand lokal. Kehadiran platform e-commerce seperi Shopee sebagai wadah usaha juga turut memberikan kontribusi signifikan dalam perkembangan mereka. 

Baca Juga: Tren Belanja Lewat Live Streaming Meningkat, Survei IPSOS: Shopee Live Masih Jadi Favorit Brand Lokal dan UMKM

Sepanjang 2023, Shopee berhasil menarik lebih dari 500.000 penjual UMKM baru untuk bergabung dalam platform mereka.

Tidak hanya itu, para penjual UMKM ini juga mengalami peningkatan pendapatan yang signifikan, yakni mencapai 30 persen secara tahunan (YoY) dari 2020 hingga 2023.

Kommitmen Shopee dalam mendukung UMKM dan brand lokal terlihat dari data tahun 2023, di mana 84 persen pelaku usaha di platform ini berasal dari UMKM dan brand lokal. Dominasi produk lokal juga terlihat dari total transaksi yang mencapai 93 persen.

Memasuki pertengahan 2024, Shopee juga membagikan laporan tren pertumbuhan UMKM dan brand lokal di awal 2024. Berikut informasinya.

1. Memperluas jangkauan pasar

Shopee berkomitmen untuk memperluas jangkauan pasar UMKM dan brand lokal dengan menyediakan akses yang mudah dan inklusif.

Melalui berbagai inisiatif dan program strategis, Shopee berhasil meningkatkan total pesanan UMKM dan brand lokal hingga empat kali lipat selama puncak kampanye di 2024 dibandingkan 2023.

2. Hadirkan Shopee Ekspor

Untuk memperluas jangkauan pasar global, Shopee menghadirkan Program Shopee Ekspor, sebuah layanan terintegrasi yang telah berhasil mengekspor lebih dari 26 juta produk lokal ke berbagai negara.

Di awal 2024, program ini terus menunjukkan pertumbuhan positif dengan peningkatan transaksi produk ekspor lebih dari dua kali lipat dibandingkan 2023.

3. Konstan berinovasi

Inovasi Shopee terus memberikan dampak nyata bagi pertumbuhan bisnis UMKM dan brand.

Salah satunya, fitur Shopee Live yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi secara langsung dan menjelaskan produk saat live streaming.

Baca Juga: Shopee Live Hadir Lebih dari 60 Jam bersama Mami Louisse, Ada Flash Sale Mobil dan Motor Rp 6 Ribuan! Fitur ini terbukti efektif dengan peningkatan penjualan produk lokal lebih dari 13 kali lipat melalui Shopee Live dibandingkan 2023.

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, pertumbuhan UMKM dan brand lokal memotivasi Shopee untuk terus memberikan dukungan terbaik bagi pelaku usaha lokal.

Upaya ini dilakukan Shopee melalui berbagai program, mulai dari kampanye, fitur interaktif, hingga pelatihan agar UMKM dan brand lokal memiliki daya saing.

“Kami optimistis di sisa pertengahan 2024 ini akan semakin menarik dengan berbagai terobosan baru, serta dengan kolaborasi dan kemitraan yang kuat, kita bisa saling menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan perluasan pasar digital yang inklusif,” terang Monica.