Find Us On Social Media :

5 Investasi dengan Modal Kecil Tetapi Untungnya Relatif Besar, Cocok Buat Pemula

By Yussy Maulia, Sabtu, 22 Juni 2024 | 14:01 WIB

Ilustrasi berinvestasi melalui aplikasi online.

Grid.ID – Banyak orang beranggapan bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki banyak uang. Ini karena ada persepsi bahwa modal untuk investasi relatif besar.

Padahal, siapa saja bisa mulai berinvestasi, bahkan pemula. Selain bisa dimulai dengan modal kecil, kini proses investasi juga semakin mudah karena dapat dilakukan lewat aplikasi online.

Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi, berikut beberapa rekomendasi investasi modal kecil yang dinilai cocok bagi pemula.

  1. Deposito

Pilihan pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah investasi deposito. Instrumen ini menggunakan metode penempatan dana di sebuah bank dengan jangka waktu tertentu.

Kamu hanya perlu memilih bank dengan penawaran produk deposito yang paling menguntungkan. Pemilihan bank bisa kamu lakukan berdasarkan suku bunga yang ditawarkan. 

Baca Juga: 3 Strategi Jitu untuk Menyisihkan Uang Deposito, Masa Depan Dijamin Bakal Lebih Cuan!

Selain itu, kunci penting dalam melakukan investasi deposito adalah memastikan bahwa bank yang dituju benar-benar kredibel. Deposito pun dinilai sangat cocok bagi pemula karena risikonya relatif rendah dan mudah untuk dilakukan.

  1. Reksadana

Selanjutnya, produk investasi yang bisa dipilih adalah reksadana. Instrumen ini adalah cara menginvestasikan uang dengan mengumpulkan dana dari banyak investor, yang kemudian dikelola oleh manajer investasi profesional.

Dana tersebut diinvestasikan dalam berbagai aset seperti saham, obligasi, dan pasar uang, yang membantu mendiversifikasi risiko.

Investasi reksadana pun banyak dipilih karena tidak butuh modal besar. Kamu bisa memulai dengan modal kecil dan tidak perlu repot mengurus aliran keuangan, karena dana dikelola oleh manajer investasi profesional.

Selain itu, reksadana juga memiliki diversifikasi yang cukup baik dan lebih mudah untuk dilakukan. Jangka waktu yang ditawarkan pun fleksibel, sehingga bisa menjadi investasi jangka pendek maupun panjang.

  1. Obligasi

Pilihan lainnya adalah instrumen obligasi. Investasi obligasi adalah pembelian surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan.