Find Us On Social Media :

Shopee Live Dukung UMKM dan Brand Lokal Tingkatkan Penjualan di Semester Pertama 2024

By Sheila Respati, Sabtu, 22 Juni 2024 | 14:01 WIB

Ilustrasi live shopping.

Grid.ID – Seiring dengan meningkatnya minat dan kepercayaan konsumen terhadap platform belanja online, ekspektasi dari pelanggan pun meningkat. Konsumen kini memerlukan pengalaman belanja online yang lebih nyaman, menghibur, dan memberi banyak keuntungan.

Menjawab kebutuhan tersebut, platform marketplace pun melakukan inovasi fitur-fitur belanjanya. Salah satunya, live shopping. Fitur ini membuat konsumen dan pembeli lebih mudah berinteraksi untuk memantapkan proses pembelian. Ditambah konten visual, pemandu yang interaktif, dan diskon khusus live shopping, fitur ini pun semakin diminati.

Bahkan, fitur ini berhasil mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta brand lokal meningkatkan transaksi penjualan. Contohnya, Shopee Live yang diinisiasi oleh platform belanja Shopee.

Menurut catatan Shopee Indonesia, fitur Shopee Live berhasil menumbuhkan penjualan produk UMKM dan brand lokal hingga 13 kali lipat pada semester I 2024. Angka penjualan melalui Shopee Live pun meningkat jauh dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Tren Belanja Lewat Live Streaming Meningkat, Survei IPSOS: Shopee Live Masih Jadi Favorit Brand Lokal dan UMKM

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, kehadiran Shopee Live sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara melalui pilar UMKM dan brand lokal.

“Melihat capaian positif di semester awal tahun ini, Shopee bangga melihat kinerja pertumbuhan pelaku UMKM dan brand lokal yang semakin piawai memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live sebagai kanal penjualan,” ujar Monica dalam keterangan tertulis yang diterima Grid.ID, Sabtu (22/6/2024).

Monica melanjutkan, saat ini jumlah pelaku UMKM dan brand lokal yang berhasil mencapai potensi bisnis semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan semakin tingginya antusiasme dan permintaan konsumen terhadap produk lokal.

Sebanyak 95 persen UMKM dan brand lokal yang telah bergabung di Shopee Live sejak tahun lalu, tambahnya, mengalami peningkatan transaksi yang signifikan pada awal tahun ini.

“Tentunya, pencapaian luar biasa ini tidak terlepas dari dukungan dan sinergi seluruh ekosistem Shopee dalam menciptakan dampak positif yang luas,” imbuh Monica.

Shopee Live dorong performa bisnis UMKM dan brand lokal

Beberapa brand lokal yang mengalami kesuksesan dengan pemanfaatan fitur Shopee Live adalah Les Catino dan Azarine. Dua brand lokal tersebut mencatatkan lonjakan transaksi usai memanfaatkan Shopee Live sebagai kanal penjualan.