Find Us On Social Media :

Riset IPSOS: Shopee Duduki Posisi Teratas dalam Penuhi Indikator Kepuasan Pelanggan

By Sheila Respati, Senin, 24 Juni 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi belanja online lewat ponsel.

Grid.ID – Menjawab perkembangan preferensi masyarakat, pasar digital di Indonesia, khususnya pada sektor marketplace, terus berubah sejak awal 2024.

Saat ini, banyak konsumen mengharapkan pengalaman belanja yang holistis. Platform e-commerce pun berlomba-lomba menyusun strategi melalui inovasi fitur dan program demi memenuhi harapan tersebut dan akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebut saja, upaya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop.

Untuk memperoleh gambaran strategi para pelaku bisnis e-commerce, sekaligus mengungkap aspek-aspek pengalaman belanja holistis yang memengaruhi kepuasan pelanggan, IPSOS pun mengadakan sebuah riset. Adapun bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” tersebut melibatkan responden konsumen yang rutin berbelanja online melalui e-commerce.

Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan, riset tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu loyalitas konsumen terhadap sebuah platform e-commerce.

Baca Juga: Shopee Live Dukung UMKM dan Brand Lokal Tingkatkan Penjualan di Semester Pertama 2024 

Temuan riset yang dilakukan dengan metode online panel itu menunjukkan bahwa pengalaman belanja yang baik dari hulu ke hilir menjadi faktor penentu. Riset tersebut, lanjut Andi, juga menunjukkan betapa selektifnya konsumen di Indonesia saat ini dalam memilih platform e-commerce.

Andi juga menyebut bahwa hasil riset mendapati Shopee sebagai platform e-commerce teratas dalam hal pemenuhan kebutuhan akan pengalaman tersebut. Kepuasan pelanggan yang diperoleh mengungguli platform e-commerce lain sehingga responden berniat merekomendasikannya.

Sebagai informasi, Shopee dipilih oleh 62 persen responden sebagai platform e-commcerce yang akan direkomendasikan kepada kerabat. Posisi selanjutnya, diikuti oleh Tokopedia (46 persen), TikTok  Shop (42 persen), dan Lazada (36 persen).

 “Dari data yang kami peroleh melalui riset ini, Shopee sebagai platform e-commerce terlihat telah memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja yang holistis dan memuaskan dari hulu hingga hilir,” ujar Andi dalam keterangan tertulis yang diterima Grid.ID, Senin (24/6/2024).

Shopee, jelas Andi, tidak hanya menawarkan fitur interaktif seperti live shopping dan video pendek untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dalam memilih produk, kelengkapan produk, dan harga murah, tetapi juga pilihan metode pembayaran yang beragam, pengiriman cepat, bahkan pengembalian barang yang mudah.

“Aspek-aspek kepuasan konsumen yang terpenuhi tersebut membuat Shopee diandalkan dan direkomendasikan,” kata Andi.