Find Us On Social Media :

Berapa Gaji Elon Musk? Pemegang Predikat CEO Berpenghasilan Tertinggi di Dunia

By Winda Lola Pramuditta, Rabu, 26 Juni 2024 | 06:30 WIB

Elon Musk

Grid.ID - Elon Musk dinobatkan sebagai CEO dengan gaji tertinggi di dunia.

Elon Musk diketahui menjadi pendiri sekaligus CEO (Chief Executive Officer) perusahaan satelit SpaceX dan mobil listrik Tesla.

Jajaran direksi dalam perusahaannya sepakat memberi Elon Musk gaji sebagai CEO dengan angka terbesar sepanjang sejarah.

Elon Musk disebut menerima gaji yang dinilai 3.400 lipat lebih banyak dibanding angka rata-rata gaji CEO di sejumlah perusahaan yang ada dalam daftar S&P 500 (berkisar di angka 16,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 266 miliar per tahun).

Lantas, dari mana Elon Musk mendapatkan bayaran atau gaji sebesar ini?

Dikutip dari Kompascom, Biasanya sebagian besar gaji CEO berasal dari kepemilikan saham perusahaan yang mereka pimpin, tak terkecuali Elon Musk.Di Tesla, Musk disebut memiliki sekitar 300 juta lembar saham, atau sekitar 10 persen dari total kepemilikan Tesla. Benefit kepemilikan saham Tesla yang masuk ke dalam paket gaji Elon Musk ini sendiri sudah disepakati pada 2018 lalu.

Karena dalam bentuk saham, maka gaji Elon Musk bisa saja naik atau turun, sesuai dengan harga saham Tesla terbaru.

Sepadan dengan kontribusi Elon Musk Menurut jajaran direksi Tesla yang mayoritas menyetujui paket gaji ini, bayaran ini dikatakan sepadan dengan apa yang telah dilakukan Elon Musk kepada perusahaan selama beberapa tahun belakangan.

Menurut jajaran direksi, Elon Musk dianggap sosok penting di Tesla, lantaran sudah membantu perusahaan untuk mencapai target, serta meningkatkan nilai perusahaan dan menjadikan Tesla sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia.

Baca Juga: Buka Lembaran Baru, Bae In Hyuk Resmi Bergabung dengan YY Entertainment

Gaji yang cukup besar ini juga disepakati jajaran direksi supaya Elon Musk tidak pindah ke perusahaan lain, atau membuat perusahaan serupa yang nantinya bisa berkompetisi dengan Tesla dan mengancam bisnis perusahaan tersebut.

Sebab, ada rumor yang menyebut Elon Musk akan minggat dari Tesla apabila bayaran dengan angka yang disebutkan di atas tidak disetujui oleh jajaran direksi. Selain menyepakati gaji Elon Musk, jajaran direksi juga menyepakati sejumlah rencana perusahaan lainnya.