Find Us On Social Media :

Kisah Ulfatun Nikmah, Lulusan SMK yang Raih Gelar Magister FEB UGM dan Beasiswa LPDP

By Content Marketing ADV, Kamis, 27 Juni 2024 | 15:28 WIB

Ulfatun Nikmah, lulusan SMK yang berhasil raih Gelar Magister FEB UGM dan Beasiswa LPDP

Grid.ID Berasal dari keluarga sederhana tidak mematahkan semangat Ulfatun Nikmah untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Berkat kegigihannya, alumnus SMKN 3 Jepara, Jawa Tengah ini berhasil meraih Gelar Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada April 2024.

Gadis yang biasa disapa Ulfa tersebut berhasil membuktikan bahwa ia bisa bersaing dengan lulusan lainnya.

Anak dari pasangan Muhlasin dan Masruroh ini tidak hanya berhasil menembus Pascasarjana FEB UGM, tetapi juga mampu bersaing dan menyabet beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Ulfa mengaku, ia awalnya ingin menjadi seorang dokter. Namun karena keterbatasan biaya, Ulfa memilih untuk meneruskan pendidikan ke jenjang SMK dengan harapan setelah lulus bisa langsung bekerja

“Orang tua ingin saya meneruskan pendidikan pada jenjang SMK dengan harapan setelah lulus bisa langsung bekerja,” kata Ulfa.

Di SMKN 3 Jepara, Ulfa mengambil jurusan Akuntansi. Selama tiga tahun, ia mendalami bidang akuntansi dan membuatnya semakin tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang ini.

Baca Juga: Ikuti Jejak Anang dan Krisdayanti, Azriel Hermansyah Ngebet Jadi Politikus sampai Bela-belain Kuliah S2, ini Alasannya

“Setelah lulus dari SMK, saya ingin melanjutkan studi ke jenjang S-1,” lanjutnya.

Namun, rencana ini awalnya ditentang oleh sang orangtua dengan alasan biaya dan masih untuk menyekolahkan adiknya.

Ulfa akhirnya meyakinkan keduanya bahwa pendidikan tinggi akan memberinya peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan membantu keluarga di masa depan.

Berkat ketekunan dan prestasi yang ia capai selama di SMK, Ulfa berhasil diterima di program S-1 Akuntansi di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Semarang, Jawa Tengah,