Find Us On Social Media :

Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN University Games 2024, Ratusan Atlet Mahasiswa Berpartisipasi

By Yussy Maulia, Jumat, 28 Juni 2024 | 07:05 WIB

AUG 2024 resmi dibuka pada Selasa (25/6/2024).

Grid.ID – Tahun ini, Indonesia kembali ditunjuk menjadi tuan rumah event olahraga antar perguruan tinggi ASEAN University Games (AUG) 2024.

AUG 2024 diselenggarakan pada 25 Juni sampai 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Sebanyak 392 Atlet mahasiswa Indonesia yang berasal dari 140 perguruan tinggi di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam perhelatan bergengsi ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti berpesan, atlet mahasiswa Indonesia yang berpartisipasi dalam AUG 2024 tidak hanya membawa nama baik universitas dan daerah asal, tetapi juga membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

“Saya tahu bahwa jalan menuju ASEAN University Games ini tidaklah mudah. Banyak dari kalian yang telah mengorbankan waktu, tenaga, dan mungkin juga momen-momen penting dalam hidup untuk berlatih dan mempersiapkan diri,” kata Suharti dalam keterangan resmi yang diterima Grid.ID, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga: Upaya Kemendikbudristek dalam Menciptakan Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan Bagi Peserta Didik

Suharti juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan komitmen dari para atlet mahasiswa Indonesia.

“Ingatlah bahwa kerja keras dan disiplin kalian adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik, tidak hanya dalam bidang olahraga tetapi juga dalam kehidupan kalian secara keseluruhan,” ujarnya.

Lebih lanjut Suharti menyampaikan terima kasih kepada para pelatih dan pihak-pihak yang telah mendukung serta membina para atlet mahasiswa Indonesia selama masa persiapan.

“Tanpa bimbingan, dukungan, dan kesabaran dari para pelatih, tidak mungkin kita dapat mengirimkan kontingen yang siap berkompetisi dengan optimal. Saya percaya, dengan semangat yang tinggi dan kerja keras yang telah kalian lakukan, kita dapat meraih hasil yang gemilang,” kata Suharti.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Prestasi Nasional, Maria Veronica Irene Herdjiono, mengatakan bahwa pemusatan latihan bagi para atlet telah dilaksanakan di daerah masing-masing kurang lebih selama satu bulan terakhir.

“Setiap perguruan tinggi dan Pengurus Besar Cabang Olahraga telah memberikan fasilitas dan bimbingan yang optimal untuk memastikan para atlet dapat mencapai performa terbaik mereka. Adapun fokus utama dari pemusatan latihan ini meliputi peningkatan kemampuan teknis, taktik, serta pemahaman tentang nilai-nilai sportifitas dan etika dalam berolahraga,” jelas irene.