Find Us On Social Media :

Ajinomoto Melalui Dapur Umami Luncurkan Gerakan #DiolahMaksimal untuk Kurangi Sampah Makanan

By Content Marketing ADV, Jumat, 28 Juni 2024 | 16:30 WIB

Kreasi menu #DiolahMaksimal Dapur Umami

Grid.ID – Jumlah sampah makanan di Indonesia masih berada di angka yang mengkhawatirkan. 

Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),  jumlah sampah di 142 kabupaten/kota di Indonesia pada 2023 telah mencapai angka 17,56 ton, dengan 41,1 persen diantaranya berasal berasal dari sisa makanan.

Memahami bahwa rumah tangga memberikan dampak besar terhadap penumpukan sampah, Ajinomoto Group melalui platform Dapur Umami meluncurkan gerakan "Too Good Too Waste #DiolahMaksimal".

Gerakan ini mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengolah bahan makanan di rumah, sehingga dapat mengurangi sisa makanan yang menjadi penyumbang terbesar sampah nasional.

Melalui gerakan #DiolahMaksimal, Ajinomoto mengajak masyarakat untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan dengan cara yang sederhana dan mudah diterapkan sehari-hari. Adapun tips gerakan #DiolahMaksimal dapat diakses masyarakat melalui situs DapurUmami.com.

Situs ini menyediakan berbagai resep, tips, dan trik untuk mengolah makanan secara maksimal, sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang sia-sia.

Selain tips, Dapur Umami juga menyediakan konsultasi gizi gratis dengan pakar kesehatan dan nutrisi melalui platform “Tanya Nutri Expert. Nantinya, masyarakat akan diajak untuk mengadopsi pola makan bergizi seimbang dan bijak garam.

Baca Juga: 5 Shio yang Tertarik Pakai Produk Ramah Lingkungan, Kamu Termasuk?

Produk yang lebih ramah lingkungan

Ajinomoto Group juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan operasional mereka.

Upaya tersebut dihadirkan melalui peluncuran kemasan plastik ramah lingkungan pada kemasan Sajiku® Tepung Bumbu dan menghadirkan kemasan kertas pada AJI-NO-MOTO® Paper Pack.

Selain itu, proses produksi juga sudah menggunakan boiler berbasis biomassa (biomass boiler) sebagai pengganti batu bara. Seperti diketahui, pembakaran batu bara memberi dampak negatif terhadap lingkungan.