Find Us On Social Media :

Chatbot WhatsApp, Solusi Efektif untuk Optimalkan Promo dan Layanan Pelanggan

By ADV PI, Senin, 1 Juli 2024 | 11:23 WIB

Grid.ID – WhatsApp masih menjadi platform pesan instan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh laporan We Are Social yang dipublikasikan pada Januari 2024. Laporan tersebut memaparkan bahwa WhatsApp merupakan platform media sosial dan pesan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Platform milik grup Meta tersebut diketahui memiliki 90,9 persen peserta per bulan dengan mayoritas pengguna berusia 16–64 tahun.

Sebagai aplikasi paling populer di Indonesia, WhatsApp tidak hanya ideal untuk komunikasi pribadi, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi bisnis.

Contohnya, WhatsApp dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk konsultasi layanan, mengirimkan informasi promosi, melakukan transaksi penjualan, bahkan membangun komunitas.

Untuk menyederhanakan proses interaksi dengan pelanggan, pemilik usaha bisa memanfaatkan layanan chatbot WhatsApp.

Chatbot WhatsApp adalah program komputer yang mampu memberikan respons otomatis terhadap pertanyaan umum pelanggan, menangani pesanan, hingga memberikan informasi produk atau layanan secara real-time.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyak manfaat yang akan didapat pemilik bisnis dari layanan chatbot ini. Berikut daftarnya.

  1. Layanan pelanggan 24/7

Program komputer ini juga mampu memberikan respons instan terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan tanpa dibatasi hari libur atau jam kerja.

2. Efisiensi operasional

Chatbot dapat menangani berbagai jenis pertanyaan secara bersamaan, sehingga mengurangi beban kerja tim layanan pelanggan dan memungkinkan mereka fokus pada masalah yang lebih kompleks.

3. Personalisasi