Find Us On Social Media :

Chatbot WhatsApp, Solusi Efektif untuk Optimalkan Promo dan Layanan Pelanggan

By ADV PI, Senin, 1 Juli 2024 | 11:23 WIB

Grid.ID – WhatsApp masih menjadi platform pesan instan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh laporan We Are Social yang dipublikasikan pada Januari 2024. Laporan tersebut memaparkan bahwa WhatsApp merupakan platform media sosial dan pesan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Platform milik grup Meta tersebut diketahui memiliki 90,9 persen peserta per bulan dengan mayoritas pengguna berusia 16–64 tahun.

Sebagai aplikasi paling populer di Indonesia, WhatsApp tidak hanya ideal untuk komunikasi pribadi, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi bisnis.

Contohnya, WhatsApp dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk konsultasi layanan, mengirimkan informasi promosi, melakukan transaksi penjualan, bahkan membangun komunitas.

Untuk menyederhanakan proses interaksi dengan pelanggan, pemilik usaha bisa memanfaatkan layanan chatbot WhatsApp.

Chatbot WhatsApp adalah program komputer yang mampu memberikan respons otomatis terhadap pertanyaan umum pelanggan, menangani pesanan, hingga memberikan informasi produk atau layanan secara real-time.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyak manfaat yang akan didapat pemilik bisnis dari layanan chatbot ini. Berikut daftarnya.

  1. Layanan pelanggan 24/7

Program komputer ini juga mampu memberikan respons instan terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan tanpa dibatasi hari libur atau jam kerja.

2. Efisiensi operasional

Chatbot dapat menangani berbagai jenis pertanyaan secara bersamaan, sehingga mengurangi beban kerja tim layanan pelanggan dan memungkinkan mereka fokus pada masalah yang lebih kompleks.

3. Personalisasi

Chatbot dapat mengumpulkan data pelanggan dan menggunakannya untuk memberikan rekomendasi produk yang relevan dan penawaran khusus.

4. Peningkatan penjualan

Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang lancar dan responsif, chatbot dapat meningkatkan tingkat konversi ke penjualan.

5. Analisis data

Chatbot dapat melacak interaksi pelanggan serta memberikan wawasan tentang preferensi dan perilaku mereka. Data ini dapat dimanfaatkan bisnis untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan. 

Baca Juga: Cara Praktis Hapus Pesan WhatsApp Otomatis, Memori HP Gak Penuh Lagi!

Tips memilih chatbot whatsapp yang tepat

Memanfaatkan chatbot Whatsapp untuk mengelola bisnis juga tidak bisa sembarangan, pemilik bisnis harus teliti dalam memilih penyedia layanan chatbot untuk melayani pelanggan.

Sebagai panduan, berikut sejumlah tips untuk memilih penyedia layanan chatbot yang tepat.

  1. Kelengkapan fitur

Pertama, pertimbangkan fitur apa saja yang akan diberikan oleh penyedia layanan chatbot.

Misalnya, kemampuan integrasi dengan sistem perusahaan seperti Customer Relationship Management (CRM), Enterprise Resource Planning ERP, dan platform lainnya.

Agar chatbot dapat memahami bahasa sehari-hari, pemilik bisnis perlu mempertimbangkan untuk memilih penyedia yang memiliki agen virtual yang memahami dan merespons pesan bahasa manusia (NLP).

Chatbot Whatsapp juga wajib memiliki kemampuan untuk memberikan balasan yang bisa dipersonalisasi berdasarkan data pelanggan dan riwayat interaksi sebelumnya.

Terakhir, pastikan bahwa chatbot yang digunakan juga menyediakan alat analitik untuk melacak kinerja dan mampu mengumpulkan data untuk mendukung keberlangsungan bisnis.

  1. Harga jual dan nilai tambah 

Chatbot WhatsApp sering kali menjadi pilihan investasi untuk meningkatkan respons dan konversi pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi pemilik bisnis untuk membandingkan biaya berlangganan bulanan atau tahunan dari berbagai penyedia layanan chatbot.

Selain biaya berlangganan, pertimbangkan juga biaya tambahan untuk fitur premium, peningkatan volume interaksi, atau integrasi khusus yang dibutuhkan bisnis. Pastikan chatbot yang dipilih dapat berkembang seiring pertumbuhan bisnis.

Terakhir, jangan lupa untuk mengevaluasi layanan tambahan seperti dukungan pelanggan, pembaruan perangkat lunak, dan pelatihan pengguna yang ditawarkan oleh penyedia chatbot.

Implementasi chatbot WhatsApp

Untuk mengadopsi layanan chatbot WhatsApp, pemilik bisnis bisa menghubungi penyedia layanan pihak ketiga yang menawarkan platform ini.

Sebagai rekomendasi, mereka dapat menggunakan layanan membuat chatbot WhatsApp yang disediakan oleh Kommo.

Kommo menawarkan berbagai fitur chatbot yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional dan interaksi pelanggan.

Fitur-fitur tersebut meliputi alur penjualan yang dapat dikostumisasi, manajemen tugas terpadu untuk membantu mengatur, melacak, dan memprioritaskan tugas terkait interaksi pelanggan.

Chatbot yang berkualitas dari Kommo juga memiliki fitur integrasi sistem dengan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dan platform e-commerce. Tersedia juga fitur template pesan WhatsApp yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Chatbot Whatsapp dari Kommo juga memberikan kemudahan pada bisnis karena dapat membalas chat dari pelanggan dengan fitur auto-reply sehingga bisa merespon pertanyaan diluar jam operasional.

Baca Juga: 4 Shio Diramal Hoki Buka Bisnis Fashion, Jago Baca Trend hingga Dagangan Laris Manis

Ada juga fitur broadcast messages yang bisa mengirim pesan promosi atau pemberitahuan penting kepada para pelanggan secara massal.

Selain itu, terdapat fitur tombol yang dapat terintegrasi dengan formulir web serta kemungkinan penyematan tombol obrolan Whatsapp di situs web. 

Chatbot Whatsapp juga memiliki fitur yang dapat mengumpulkan informasi pelanggan.

Dengan layanan chatbot WhatsApp dari Kommo, pemilik bisnis dapat menyesuaikan chatbot sesuai kebutuhan dan memantau kinerjanya secara berkala.

Mengatur alur kerja yang efektif

Kommo menawarkan solusi untuk mengubah pekerjaan yang penuh tekanan menjadi penuh kesuksesan.

Melalui platform ini, pemilik dapat mengatur alur kerja yang lebih efektif, mengurangi beban kerja, dan meningkatkan penjualan.

Selain memberikan laporan menyeluruh terkait proses penjualan dan layanan pelanggan, pemilik bisnis juga bisa mengintegrasikan satu nomor chatbot ini ke beragam aplikasi bisnis populer, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Telegram.

Kelebihan lainnya, pemilik bisnis juga bisa memanfaatkan salesbot untuk mengumpulkan data dan melakukan follow up dengan pelanggan.

Kommo juga menawarkan fitur gratis yang sangat bermanfaat, seperti WhatsApp Link Generator, WhatsApp quick response (QR) Generator, dan WhatsApp Pricing Calculator.

WhatsApp Link Generator memudahkan bisnis membuat tautan langsung ke chat WhatsApp, sehingga pelanggan dapat menghubungi bisnis dengan sekali klik.

WhatsApp QR Generator memungkinkan bisnis untuk membuat kode QR yang dapat dipindai oleh pelanggan untuk langsung memulai chat di WhatsApp. Fitur ini cocok untuk digunakan di materi pemasaran fisik atau digital.

Selanjutnya, terdapat WhatsApp Pricing Calculator untuk membantu bisnis menghitung biaya dan anggaran yang terkait dengan penggunaan layanan WhatsApp Business.

Dengan berbagai fitur tersebut, Kommo dapat memastikan chatbot WhatsApp berfungsi optimal dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Hubungi Kommo sekarang untuk konsultasi lebih lanjut dan temukan bagaimana layanan mereka dapat memberikan dampak positif bagi bisnis.

Untuk informasi lebih lanjut seputar chatbot dan fitur yang dimiliki Kommo, hubungi layanan pelanggan Kommo melalui tautan berikut ini.

Bersama Kommo, pemilik bisnis tidak perlu menguasai ilmu coding untuk melayani pertanyaan, transaksi, dan keluhan konsumen