Find Us On Social Media :

Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Bayi untuk Kesehatan Optimal

By Dianita Anggraeni, Minggu, 30 Juni 2024 | 18:42 WIB

Grid.ID - Kesadaran tentang pentingnya stimulasi tumbuh kembang motorik bayi harus digaungkan.

Orang tua juga pastinya akan memberikan perawatan yang terbaik bagi bayi mereka, namun apa-apa saja yang harus diperhatikan harus terus di-update.

Pemilihan popok yang tepat untuk bayi juga rupanya berpengaruh dalam tumbuh kembang motorik.

Baca Juga: Putranya Meninggal Dunia, Tamara Tyasmara Mewek saat Hadiri Wisuda Almarhum Dante, Nangis Diperlakukan Begini oleh Anak-anak Lain

Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Bayi

Perkembangan motorik adalah aspek penting dari tumbuh kembang bayi, mencakup kemampuan untuk bergerak dan mengontrol gerakan tubuh.

Dari penelitian yang dilakukan oleh New York University disimpulkan bahwa popok menimbulkan gangguan di antara kaki sehingga membuat anak sulit berjalan.

Popok dapat mempengaruhi pergerakan kaki, keseimbangan, dan posisi anak saat belajar berjalan.

Popok dapat menghambat gerakan seorang anak berjalan karena menghasilkan “bulk” diantara kedua tungkai bawah yang menyebabkan anak kesulitan mengatur keseimbangan dan semakin memperberat wide stance (pijakan yang lebar) pada anak yang sedang belajar jalan.

Baca Juga: Bakal jadi Ayah, Denny Sumargo Janji Stop Jelalatan Lihat Cewek Seksi, Ngaku Siap Perbaiki Satu Perangainya ini

Untuk itu, mengganti popok secara berkala sangat dianjurkan dan juga kenyamanan adalah kunci utama sehingga tidak membatasi gerak pinggul dan lutut anak.

Pemilihan Popok yang Tepat