Find Us On Social Media :

Pembaca Kompas Melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Membangun Balai Latihan Kerja Pertama di Lembata

By Grid., Minggu, 28 Juli 2024 | 13:06 WIB

Pembaca Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas membangun balai latihan kerja di Desa Pada, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Grid.ID - Pembaca Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas membangun balai latihan kerja di Desa Pada, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Bangunan yang berdiri di atas bukit karang itu diharapkan dapat melahirkan tenaga terampil yang siap diserap dunia kerja atau merintis usaha sendiri.

Diresmikan pada Kamis (25/7/2024), bangunan seluas 280 meter persegi itu dikelola Yayasan Gunthild Karitas Peduli Lembata di bawah Susteran SSpS.

Di tempat itu akan diselenggarakan berbagai jenis pelatihan keterampilan, seperti menjahit, pengolahan makanan, kursus bahasa Inggris, dan kursus komputer.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Paulus Tri Agung Kristanto dan Penjabat Bupati Lembata Paskalis Ola Tapo Bali.

Ikut menyaksikan antara lain Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) Gesit Ariyanto, Provinsial SSpS Flores Bagian Timur Ines Surat Lanan SSpS, dan Direktur PT Global Rancang Selaras Wahju Wulandari.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Lembata Paskalis Ola Tapo Bali menyampaikan terima kasih kepada Kompas dan Susteran SSpS yang telah menghadirkan balai latihan kerja.

“Sebetulnya hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah. Artinya, sebagian tugas pemerintah sudah dikerjakan,” katanya.

Keberadaan balai latihan kerja juga menjadi modal bagi para calon pekerja migran.

Mereka bisa mendapat pelatihan untuk pekerjaan yang akan dilamar, seperti pekerjaan rumah tangga, dan kemudian disalurkan lewat jalur resmi.

Kabupaten Lembata dan beberapa daerah lain di NTT merupakan penyumbang pekerja migran nonprosedural.

Baca Juga: Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Memulai Pembangunan Balai Latihan Kerja di Lembata NTT