Grid.ID - KICKFEST kembali hadir! Event clothing yang diinisiasi oleh KICK (Kreative Independent Clothing Kommunity) dan Dyandra Promosindo ini memasuki tahun ke-16 penyelenggaraannya di tahun 2024 dan akan dilaksanakan di dua kota, yaitu di Malang pada tanggal 27–29 September 2024 dan di Bandung pada tanggal 1–3 November 2024.
KICKFEST yang digelar setiap tahun sejak 2007 lalu ini akan menghadirkan lebih dari 80 brand clothing lokal yang terkurasi dan puluhan komunitas dengan target lebih dari 60.000 pengunjung di 2 kota tersebut.
KICKFEST XVI mengangkat tema "Sew-Stayin" yang berasal dari kombinasi kata Sew yang berarti menjahit yang identik dengan industri clothing dan Stayin’ yang mencerminkan ketahanan usaha dalam industri ini.
Sew-Stayin (baca: sustain) menjadi pernyataan KICKFEST XVI dalam berkomitmen untuk terus berkembang dan beradaptasi menciptakan kreativitas, inovasi dan menjadi inspirasi untuk mendukung industri clothing dan industri pendukung lainnya sehingga tetap berkelanjutan di masa depan.
Sejalan dengan tema Sew-Stayin, KICKFEST XVI mengusung empat pilar utama, yaitu Clothing, Outward Market, Hunger Area dan Musik.
Clothing yang menghadirkan puluhan brand lokal menjadi elemen utama akan memberikan artikel terbaru dan promo belanja menarik dari brand-brand clothing lokal yang berasal dari Malang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Bali.
Outward Market merupakan satu konsep area baru dari penyelenggaraan KICKFEST tahun ini yang akan mendatangkan produk-produk penunjang yang masih berkaitan erat dengan industry fashion.
Outward Market akan terbagi menjadi 3 area, yakni Youthivity untuk produk lifestyle dan hobi, Kids Paradise untuk produk fashion & skincare bayi dan anak, dan The Pets Park di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan dalam mini zoo.
Di Hunger Area pengunjung dapat menikmati beragam sajian menu makanan dari kuliner khas daerah, hingga snack kekinian yang tentunya pemilihan menu tersebut akan dikurasi terlebih dahulu.
"Dengan penyelenggaraan KICKFEST XVI kami berharap dapat terus memberikan wadah bagi para pelaku usaha clothing lokal Indonesia untuk terus berkarya dan bertumbuh sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi kreatif daerahnya” ujar Ade Andriansyah selaku Ketua KICK.
Tidak dapat dipungkiri dalam satu event dengan konsep festival, musik menjadi menu pendamping utama.
Baca Juga: DigiCash KICKFEST ke-14 Bangkitnya Brand Lokal Pasca Pandemi