Grid.ID - KICKFEST kembali hadir! Event clothing yang diinisiasi oleh KICK (Kreative Independent Clothing Kommunity) dan Dyandra Promosindo ini memasuki tahun ke-16 penyelenggaraannya di tahun 2024 dan akan dilaksanakan di dua kota, yaitu di Malang pada tanggal 27–29 September 2024 dan di Bandung pada tanggal 1–3 November 2024.
KICKFEST yang digelar setiap tahun sejak 2007 lalu ini akan menghadirkan lebih dari 80 brand clothing lokal yang terkurasi dan puluhan komunitas dengan target lebih dari 60.000 pengunjung di 2 kota tersebut.
KICKFEST XVI mengangkat tema "Sew-Stayin" yang berasal dari kombinasi kata Sew yang berarti menjahit yang identik dengan industri clothing dan Stayin’ yang mencerminkan ketahanan usaha dalam industri ini.
Sew-Stayin (baca: sustain) menjadi pernyataan KICKFEST XVI dalam berkomitmen untuk terus berkembang dan beradaptasi menciptakan kreativitas, inovasi dan menjadi inspirasi untuk mendukung industri clothing dan industri pendukung lainnya sehingga tetap berkelanjutan di masa depan.
Sejalan dengan tema Sew-Stayin, KICKFEST XVI mengusung empat pilar utama, yaitu Clothing, Outward Market, Hunger Area dan Musik.
Clothing yang menghadirkan puluhan brand lokal menjadi elemen utama akan memberikan artikel terbaru dan promo belanja menarik dari brand-brand clothing lokal yang berasal dari Malang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Bali.
Outward Market merupakan satu konsep area baru dari penyelenggaraan KICKFEST tahun ini yang akan mendatangkan produk-produk penunjang yang masih berkaitan erat dengan industry fashion.
Outward Market akan terbagi menjadi 3 area, yakni Youthivity untuk produk lifestyle dan hobi, Kids Paradise untuk produk fashion & skincare bayi dan anak, dan The Pets Park di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan dalam mini zoo.
Di Hunger Area pengunjung dapat menikmati beragam sajian menu makanan dari kuliner khas daerah, hingga snack kekinian yang tentunya pemilihan menu tersebut akan dikurasi terlebih dahulu.
"Dengan penyelenggaraan KICKFEST XVI kami berharap dapat terus memberikan wadah bagi para pelaku usaha clothing lokal Indonesia untuk terus berkarya dan bertumbuh sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi kreatif daerahnya” ujar Ade Andriansyah selaku Ketua KICK.
Tidak dapat dipungkiri dalam satu event dengan konsep festival, musik menjadi menu pendamping utama.
Baca Juga: DigiCash KICKFEST ke-14 Bangkitnya Brand Lokal Pasca Pandemi
KICKFEST XVI kali ini akan mengangkat genre dan konsep musik yang berbeda setiap harinya dengan puluhan band lokal dan nasional.
KICKFEST Merindu akan menampilkan musisi dengan genre pop, jazzy, folk dan blues. Sedangkan musisi genre punk, metal, grunge dan rock akan tampil dalam KICKFEST Keras.
Pengunjung pun akan diajak bergoyang bersama musisi genre koplo, DJ, pop ambyar dan reggae di KICKFEST Bergoyang.
Untuk memeriahkan gelaran KICKFEST XVI, penyelenggara menyiapkan beragam suguhan acara untuk pengunjung.
Salah satunya yang menjadi highlight adalah Street Parade.
Ajang fashion show artikel-artikel update dari brand-brand peserta yang digelar di tengah gangway event.
Selain itu KICKFEST XVI akan mengundang komunitas Malang dan Bandung untuk berkolaborasi dalam satu aktifitas bersama.
"KICKFEST XVI menawarkan konsep festival dengan banyak elemen yang bisa dinikmati masyarakat dalam kunjungannya, kata Tofani Lazuardi, General Manager Dyandra Promosindo.
“Mulai dari kegembiraan berbelanja, kehebohan konser musik, keseruan acara, serta kenikmatan bersantap.
Di satu tempat pengunjung akan mendapatkan kebahagiaan dan pengalaman yang tak terlupakan.”
Selama 3 hari penyelenggaraan KICKFEST XVI, pengunjung akan mendapatkan berbagai pengalaman menarik yang disajikan penyelenggara dalam berbagai bentuk gimmick event dan pre event.
Untuk update terkait KICKFEST XVI, pengunjung dapat mengikuti akun resmi Kickfest di @kickfest.id. (*)