Find Us On Social Media :

Simak! Ini Strategi E-Commerce untuk Meraih Posisi Sebagai Platofrm Pilihan Pembeli dan Penjual

By Content Marketing ADV, Senin, 12 Agustus 2024 | 08:00 WIB

E-commerce menjadi salah satu pendongkrak pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Grid.ID - Kemajuan teknologi membuat berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan koneksi internet. Salah satunya, berbelanja secara online melalui platform e-commerce.  

Hingga 2024, tren berbelanja online pun terus meningkat. Hal tersebut dibuktikan melalui riset perusahaan IPSOS pada Juni 2024 dengan judul "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce".

Dalam risetnya, IPSOS menemukan bahwa popularitas e-commerce di kalangan konsumen berasal dari tiga faktor, yakni pengalaman berbelanja, kecepatan pengiriman, dan harga termurah.

IPSOS pun membandingkan performa sejumlah e-commerce di Indonesia sebagai acuan. E-commerce tersebut adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop.

Untuk pengalaman berbelanja, sebanyak 62 persen responden IPSOS mengatakan bahwa Shopee menjadi pilihan pertama mereka dalam berbelanja.

Sebanyak 46 persen lainnya memilih Tokopedia, 42 persen lainnya memilih TikTok Shop, lalu disusul dengan Lazada sebanyak 36 persen.

Selanjutnya, riset ini juga mengukur penilaian kecepatan pengiriman dari para responden. Hasilnya, sebanyak 60 persen responden memilih Shopee sebagai aplikasi belanja online yang unggul dalam kecepatan pengiriman.

Baca Juga: Manfaatkan Shopee Live, Brand Lokal Dushishoes Dapat Peningkatan Pesanan hingga 16 Kali Lipat!

Angka ini disusul oleh Tokopedia sebanyak 16 persen, Lazada sebanyak 13 persen, dan TikTok Shop sebanyak 11 persen.

Sementara untuk harga termurah, sebanyak 64 persen responden menilai bahwa Shopee memiliki harga jual yang lebih kompetitif.

Angka ini disusul oleh Lazada sebanyak 13 persen, Tokopedia 12 persen, dan TikTok Shop sebesar 11 persen.

Fitur live shopping jadi andalan