Find Us On Social Media :

Mudah, Ini Rutinitas Pagi yang Sehat untuk Perbaiki Kualitas Hidup

By ADV PI, Kamis, 15 Agustus 2024 | 16:50 WIB

Ilustrasi kebiasaan di pagi hari.

Grid.ID – Menjalani kehidupan yang produktif memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Menurut dokter bidang neurologi dan kesehatan dr Agus Budi Utomo, ketika memulai hari dengan aktivitas yang positif, tubuh akan merasa lebih berenergi, fokus, dan siap menghadapi tantangan sepanjang hari.

Bagi kamu yang ingin menjalani hidup dengan rutinitas yang sehat, dr Agus menyebut, kebiasaan ini bisa dibangun dengan berbagai cara, salah satunya, menjalani rutinitas di pagi hari yang teratur dan sehat, serta tidak melewatkan sarapan.

Sebagai panduan, dr Agus membocorkan lima tips yang bisa dilakukan untuk memulai pagi yang produktif dengan kebiasaan mudah.

1. Rencanakan hari sebelum tidur

Merencanakan aktvitas esok hari sebelum tidur malam dapat membantu menenangkan pikiran sehingga tubuh bisa tidur lebih nyenyak.

Selain itu, dengan adanya rencana, seseorang akan memiliki arah yang jelas saat bangun tidur dan tidak perlu bingung menentukan aktivitas apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

“Sebelum tidur, luangkan waktu beberapa menit untuk menuliskan apa saja yang perlu dilakukan pada esok hari. Buat daftar tugas yang jelas dan prioritaskan tugas-tugas yang paling penting,” ungkap dr Agus

Selain itu, menyiapkan pakaian dan barang-barang yang diperlukan untuk esok hari juga bisa dilakukan untuk menghemat waktu pagi.

Misalnya, jika kamu bekerja di kantor, pilihlah pakaian yang akan kamu kenakan dan siapkan tas kerjamu. Dengan melakukan persiapan ini, kamu bisa langsung fokus pada hal-hal yang lebih penting saat pagi tiba.

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Gampang Sakit, Siapa Aja nih yang Harus Ekstra Jaga Kesehatan?

2. Bangun lebih pagi

Membiasakan diri bangun lebih pagi dapat memberikan waktu tambahan untuk melakukan berbagai aktivitas positif sebelum memulai hari.