Find Us On Social Media :

Simak Daftar UMKM Kuliner Pemenang Ajang ‘Terbukti NYAM! 2024’ di Tokopedia dan ShopTokopedia

By Grid., Kamis, 22 Agustus 2024 | 20:57 WIB

Melalui Terbukti NYAM! 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia ingin membuat produk kuliner UMKM lokal semakin dikenal dan menjadi pilihan utama masyarakat.

Grid.ID - Tokopedia dan ShopTokopedia melalui ajang apresiasi Terbukti NYAM! 2024 kembali mengumumkan 10 pelaku usaha kuliner pilihan masyarakat yang ditentukan berdasarkan berbagai kriteria, termasuk voting yang dikumpulkan lewat halaman Tokopedia NYAM! sepanjang 8 Juli-9 Agustus 2024 lalu.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, kontribusi industri makanan dan minuman (makmin) terhadap PDB nasional terus menunjukkan tren positif, terbukti dari peningkatan yang mencapai 6,5%.

UMKM lokal merupakan salah satu motor penggerak industri makanan dan minuman hingga keseluruhan ekonomi Indonesia."

"Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya membantu dengan memberikan panggung luas kepada pelaku usaha lokal makanan dan minuman untuk meraja di negeri sendiri, salah satunya dengan kembali menggelar Terbukti NYAM! 2024,” ungkap Category Development Senior Lead Tokopedia dan ShopTokopedia, Sherine Pranata.

“Melalui Terbukti NYAM! 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia ingin membuat produk kuliner UMKM lokal semakin dikenal dan menjadi pilihan utama masyarakat. Kami sangat mengapresiasi antusiasme tinggi masyarakat yang telah memberikan voting pada pelaku usaha lokal kuliner pilihannya. Tahun ini, jumlah votes yang terkumpul 7 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Sherine.

Kriteria usaha kuliner terbaik Terbukti NYAM! 2024 dan manfaat bagi pelaku usaha pemenang

Ada 10 kategori nominasi di Terbukti NYAM! 2024, yaitu Kopi Paling Hype, Snack Ter-Hits, Dessert Ter-Populer, Makanan Sehat Ter-Enak, Roti Pilihan Terbaik, Kuliner Paling Disukai, Minuman Ter-Inovatif/Ter-Segar, Hampers Ter-Favorit, Oleh-Oleh Ter-Istimewa, dan Cokelat Lokal Ter-Nikmat. 

Selain melalui voting masyarakat sepanjang 8 Juli-9 Agustus 2024 lalu, 10 pemenang Terbukti NYAM! 2024 dipilih berdasarkan berbagai kriteria, mulai dari peningkatan penjualan yang signifikan di Tokopedia, pelaku usaha aktif selama setidaknya 1 bulan, memiliki produk terlaris, serta konsistensi menyertakan deskripsi dan foto produk yang relevan, ringkas dan jelas.

Para pemenang Terbukti NYAM! 2024 juga mendapatkan berbagai manfaat untuk menunjang usaha. Selain plakat apresiasi, pemenang bisa memperoleh badge dengan logo Terbukti NYAM! yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, dukungan pemasaran seperti TopAds dan merchant voucher, peningkatan exposure pada platform Tokopedia yang bisa meningkatkan penjualan dengan sangat signifikan, dan masih banyak lagi.

Bahkan pemenang Terbukti NYAM! 2024 juga akan mendapatkan exposure lebih karena akan direkomendasikan oleh para affiliator yang bekerja sama dengan Tokopedia.

Baca Juga: Hari UMKM, Tokopedia dan ShopTokopedia Bantu Tingkatkan Penjualan Batik Lewat #MelokalDenganBatik

Tren belanja online produk makanan dan minuman meningkat berkat ragam inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia

Selain lewat Terbukti NYAM! 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung pengembangan usaha bagi lebih dari 21 juta penjual, termasuk UMKM makanan dan minuman.

"Contohnya, kami terus menggencarkan kampanye online Beli Lokal untuk mengusung brand lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Kampanye Beli Lokal bisa ditemukan baik di aplikasi/situs Tokopedia maupun ShopTokopedia di dalam aplikasi TikTok," jelas Sherine.

"Tokopedia mencatat rata-rata kenaikan penjualan pelaku usaha makanan dan minuman yang ikut kampanye Beli Lokal di Tokopedia mencapai lebih dari 9 kali lipat, jika dibandingkan dengan sebelum bergabung kampanye tersebut. Di sisi lain, volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia meningkat 2,5 kali lipat," jelas Sherine.

"Tokopedia mencatat penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk naik hampir 2 kali lipat lewat Beli Lokal, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye berlangsung."

"Sedangkan di ShopTokopedia berkat kampanye Beli Lokal, kopi, keripik, coklat dan snack coklat, kue dan hotpot instan adalah produk-produk yang paling diburu masyarakat pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia."

"Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah menghadirkan Tokopedia Coffee Fest untuk memungkinkan masyarakat mendapatkan beragam produk kopi, mulai dari biji kopi, kopi literan, kopi kapsul, drip bag dan produk olahan kopi lainnya. Lewat Tokopedia Coffee Fest, Tokopedia juga menggandeng pelaku UMKM di industri kopi lokal dari berbagai daerah untuk meluncurkan 'Tokopedia Coffee Blend', sehingga masyarakat bisa menikmati coffee blend sesuai ciri khas masing-masing penjual kopi tersebut."

"Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dan Pemerintah Kabupaten Lahat menghadirkan program 'Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi' bagi sekitar 1.000 petani lokal kopi di Kabupaten Lahat."

"Dengan dukungan dari hulu ke hilir, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap program pelatihan bisa dimanfaatkan oleh para petani kopi di Lahat untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia."

“Peningkatan tren belanja online mencerminkan keberhasilan upaya Tokopedia dan ShopTokopedia bersama para mitra strategis dalam mendukung kemajuan pelaku usaha lokal kuliner."

"Kami berharap, Terbukti NYAM! akan terus mendorong inovasi para pelaku usaha lokal makanan dan minuman dalam mengembangkan produknya, serta mempermudah masyarakat dalam memilih beragam produk makanan dan minuman di Tokopedia dan ShopTokopedia,” tutup Sherine.

(*)